Anies Tolak Bantuan Risma Kelola Sampah Jakarta

Anies enggan disalahkan soal sampah Jakarta

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara terkait tawaran Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk membantu pengelolaan masalah sampah di ibu kota. Meski demikian, Anies tetap mengapresiasi perhatian yang diberikan Risma untuk Jakarta

"Kita apresiasi pada perhatian. Kemudian, biarlah Jakarta diurus oleh DPR Jakarta, oleh Pemprov Jakarta," tegas Anies, Rabu (31/7).

1. Menurut Anies, Bestari sebenarnya bukan mau menyerang dirinya, melainkan gubernur sebelumnya

Anies Tolak Bantuan Risma Kelola Sampah JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Komentar itu muncul setelah ketua fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Bestari baru dan rombongan bertandang ke Surabaya, Jawa Timur. Dalam pertemuan itu, Bestari membahas soal permasalahan sampah yang ada di Ibu Kota.

Menanggapi pertemuan itu, Anies mengatakan bahwa Bestari sebetulnya membahas permasalahan sampah yang sudah ada sejak era gubernur-gubernur sebelumnya. Sebab, menurut Anies dirinya saat ini sedang mengubah permasalahan yang diwariskan sejak dulu.

"Beliau suka lupa, maunya nyerang gubernur yang sekarang, lupa ini nyerang gubernur yang sebelum-sebelumnya tuh. Yang saya terima saat ini adalah kenyataan yang ada sejak kemarin. Angka-angka itu kan sudah bertahun-tahun. Justru sekarang kita sedang menyiapkan," jelas Anies.

Baca Juga: Risma Ditawari Jadi Cagub DKI Jakarta 2022, Apa Responsnya?

2. Langsung dibantah Bestari

Anies Tolak Bantuan Risma Kelola Sampah JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ketika dikonfirmasi, Bestari membantah tudingan Anies. Ia menjelaskan, tawaran Risma untuk ke Jakarta merupakan masukan anggota DPRD DKI, bukan bermaksud untuk menyerang Anies.

"Masa anggota DPRD menyerang gubernur, bukan. Memberikan masukan dalam tugasnya dalam tiga tugasnya, fungsi pengawasan, fungsi budgeting dan fungsi pembuatan peraturan daerah," kata Bestari saat dikonfirmasi.

3. Bestari tak mungkin menyerang Anies

Anies Tolak Bantuan Risma Kelola Sampah JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lebih lanjut, Bestari mengatakan bahwa dirinya tak mungkin menyerang Anies karena keduanya merupakan sama-sama bagian pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.

"Kita ini satu kesatuan dalam pemerintahan daerah, jadi bukan cuma gubernur dan bukan cuma DPRD DKI. Kita tapi, gubernur dan DPRD," tuturnya. 

Baca Juga: Anies: Kemajuan Jakarta Tak Bergantung pada Jarak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya