Harga Beras Sentuh Rp19 Ribu per Kg, Ganjar Singgung Bansos Jokowi

Ganjar sebut naiknya harga beras adalah anomali

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo angkat suara soal naiknya harga beras hingga Rp19 ribu per kilogram. Ia menyinggung bantuan sosial yang digencarkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat pemilu.

Menurut Ganjar, seharusnya bansos bisa meringankan beban masyarakat. Namun, jadi diinterpretasikan berbeda karena dilakukan saat pemilu.

“Kalau bansos itu untuk menolong masyarakat itu cerita baik, tapi momentum pas pemilu akan menjadi interpretasi yang berbeda,” ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: Megawati: Jangan Kesemsem Pilih Orang Hanya karena Bansos Beras 10 Kg

1. Naiknya harga beras adalah anomali

Harga Beras Sentuh Rp19 Ribu per Kg, Ganjar Singgung Bansos JokowiCapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo jelang pencoblosan ke TPS di Semarang pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Ganjar, naiknya harga beras merupakan sebuah anomali. Seharusnya, pemerintah sudah melakukan operasi pasar.

“Sebenarnya anomali berasnya mahal. Kemarin saya tanya mencapai Rp19 ribu sampai Rp 20 ribu per kilogram. Mestinya yang dilakukan ya operasi pasar,” ujar Ganjar.

2. Ganjar tawarkan solusi turunkan harga beras

Harga Beras Sentuh Rp19 Ribu per Kg, Ganjar Singgung Bansos JokowiCalon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo usai melakukan pencoblosan pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Ganjar mengatakan, solusi untuk mengatasi kenaikan harga beras adalah dengan menurunkan semua instrumen terkait. Selain itu, pemerintah perlu melakukan operasi pasar.

“Kalau hari ini harga beras naik solusinya bukan bansos tapi operasi pasar. Kalau tidak, maka seperti kemarin saya keliling harga Rp14 ribu sampai Rp15 ribu dan sekarang sampai Rp19 ribu, saya kira sudah alert buat pemerintah. Segera seluruh instrumen diturunkan. Saya kira manajemen ini tidak sulit hanya butuh mau saja,” ujarnya.

3. Jokowi panggil jajaran menteri terkait kelangkaan beras

Harga Beras Sentuh Rp19 Ribu per Kg, Ganjar Singgung Bansos JokowiPresiden Jokowi meninjau ketersediaan beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo memerintahkan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk mengatasi isu kelangkaan beras dengan mendistribusikan stok di Gudang Perum Bulog ke pasar.

Jokowi juga telah memanggil sejumlah pejabat terkait, termasuk Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi, dan Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi.

“Hal yang dibahas pagi ini adalah mengenai isu perberasan nasional. Jadi, kami ditugaskan hari ini untuk mendistribusikan stok Bulog yang ada di Bulog kepada pasar,” kata Arief di Kompleks Istana Negara, Senin (12/2/2024).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya