Comscore Tracker

Keren! Jakarta Bakal Punya 3 Flyover dan 1 Underpass Baru Akhir 2020

Pandemik COVID-19 tak menghalangi pembangunan ibu kota

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan sejumlah proyek infrastruktur di ibu kota terus berjalan meski pandemik COVID-19 belum tertangani. Bahkan, ibu kota akan segera punya infrastruktur baru sebelum berganti tahun.

"Desember 2020 selesai," kata Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho saat dihubungi IDN Times pada Kamis (29/10/2020).

Apa saja infrastruktur baru yang akan dimiliki Jakarta sebelum berganti tahun?

1. Ada tiga flyover yang hampir selesai

Keren! Jakarta Bakal Punya 3 Flyover dan 1 Underpass Baru Akhir 2020Pembangunan Jalan Layang Tapal Kuda pertama di Jakarta (Instagram.com/aniesbaswedan)

Hari mengatakan, proyek flyover atau jembatan layang Lenteng Agung, Jakarta Selatan telah mencapai 91,6 persen. Menurutnya, secara prinsip pembangunan flyover berbentuk seperti tapal kuda itu sudah selesai, namun ada sejumlah pekerjaan seperti pembuatan taman dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).

"Pekerjaan JPO sudah dikerjakan untuk bentang tengah yaitu pembuatan cover penutup, sedangkan kaki JPO di sisi barat dan timur masih berprogres untuk proses pembebasan tanahnya," jelas Hari.

Flyover kedua yang diyakini selesai akhir 2020 berlokasi di kawasan Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hari mengatakan, di saat ini sedang dikerjakan pembangunan taman dan pagar flyover.

"Sama seperti Flyover Lenteng Agung, (Tanjung Barat) tinggal menyisakan pekerjaan JPO karena sedang berprogres dalam proses pembebasan lahannya," jelas Hari.

Terakhir adalah Flyover di Cakung, Jakarta Timur. Hari mengatakan, proyek ini telah mencapai 84,2 persen dan sedang mengerjakan balok flyover (girder) pada bentang yang melintasi rel kereta api. Hal itu dikerjakan dengan cara cor di tempat seperti metode pekerjaan yang digunakan pada LRT yg melintasi tol dalam kota di simpang Mampang-Kuningan.

"Berbarengan dengan itu, di lapangan sedang dikerjakan juga pekerjaan pengembalian kondisi, penataan area di bawah flyover dan pengerjaan oprit flyover yang ke arah utara," jelasnya.

Baca Juga: Kawasan Rasuna Said akan Disulap Seperti Sudirman-Thamrin pada 2021

2. Underpass Senen, Jakarta Pusat, secara prinsip sudah selesai

Keren! Jakarta Bakal Punya 3 Flyover dan 1 Underpass Baru Akhir 2020Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Underpass Senen Extension di kawasan Senen, Jakarta, Minggu, 3 Mei 2020 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Selain flyover, Pemprov DKI Jakarta juga sedang membangun jembatan kolong atau underpass di Senen, Jakarta Pusat. Hari menjelaskan, secara prinsip pekerjaan pembuatan struktur terowongan untuk underpass Senen sudah selesai dikerjakan. Saat ini Dinas Bina Marga masih menyelesaikan pekerjaan halte dan JPO di Simpang Senen yang merupakan satu paket kegiatan dengan pekerjaan underpass-nya.

"Saat ini sedang dikerjakan juga pekerjaan facing dinding penutup underpass dengan material ACP dan pemasangan pompa. Pompa ini berfungsi untuk mengalirkan atau membuang air hujan yang masuk ke dalam terowongan agar tidak tergenang pada saat hujan," jelasnya.

3. Pandemik COVID-19 tidak menghalangi pembangunan

Keren! Jakarta Bakal Punya 3 Flyover dan 1 Underpass Baru Akhir 2020Dok.IDN Times/Istimewa

Hari mengatakan, proyek-proyek yang tengah Dinas Bina Marga secara umum tidak terganggu dengan pandemik COVID-19. Sebab, pekerjaan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah tidak berpengaruh banyak terhadap progres pekerjaan di lapangan," jelasnya.

Baca Juga: Sudah 80 Persen, Flyover Tapal Kuda Jakarta Siap Dilintasi Akhir Tahun

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya