Uya Kuya Diduga Langgar Kampanye saat Pencoblosan Pemilu di Malaysia

Uya Kuya datang ke Malaysia saat pencoblosan

Jakarta, IDN Times - Artis Surya Utama atau Uya Kuya yang juga caleg DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) diduga melakukan pelanggaran Pemilu 2024. Pelanggaran itu ditemukan Migran Watch saat hari pemungutan suara di Malaysia, Minggu, 11 Februari 2024.

"Kami juga akan melaporkan ke Bawaslu tindak pelanggaran pidana pemilu, karena melakukan kampanye pada hari pencoblosan. Itu dilakukan oleh Uya Kuya di depan orang-orang yang melakukan registrasi di TPS di Dapil WTC," ujar Direktur Eksekutif Migrant Care, Wahyu Susilo, dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Sabtu (17/2/2024).

Baca Juga: Artis Uya Kuya dan Belasan Jenderal Purnawirawan Gabung PAN  

1. Uya Kuya disebut sangat menonjol

Uya Kuya Diduga Langgar Kampanye saat Pencoblosan Pemilu di MalaysiaKampanye Putri Zulhas ajak Uya Kuya dan Istri Astrid. (IDN Times/Istimewa).

Koordinator Pengelolaan Pengetahuan Data dan Publikasi Migrant Care, Trisna Dwi Ariesta, menjelaskan memang ada beberapa caleg yang datang ke TPS di Kuala Lumpur saat pencoblosan. Salah satu yang menonjol adalah Uya Kuya.

"Kami melihat ada Uya Kuya sangat menonjol. Berambut biru, berbaju biru, waktu itu sedang berada di depan, dan dikerubungi beberapa orang," jelasnya.

Bahkan, Uya Kuya sempat berupaya naik ke sebuah tong. Namun, hal tersebut dicegah polisi Diraja Malaysia.

2. Uya Kuya dinilai kampanye saat hari pencoblosan

Uya Kuya Diduga Langgar Kampanye saat Pencoblosan Pemilu di MalaysiaIlustrasi (IDN Times/Aditya Pratama).

Migrant Care menilai yang dilakukan Uya Kuya termasuk kampanye. Padahal, kampanye sudah dilarang saat hari pemungutan suara.

"Dan Uya Kuya sedang tidak pindah pemilih DPTb di situ, dia hanya datang dan menyapa orang di situ. Itu bisa dibilang itu adalah kampanye secara sistematis yang sengaja dilakukan," jelasnya.

Baca Juga: Gabung ke PAN, Uya Kuya Bakal Nyaleg di Pemilu 2024

3. Uya Kuya caleg PAN dapil Jakarta II

Uya Kuya Diduga Langgar Kampanye saat Pencoblosan Pemilu di MalaysiaUya Kuya, Putri Zulhas, dan Astrid Kuya (IDN Times/Istimewa).

Uya Kuya merupakan caleg DPR dari PAN. Dalam Pemilu 2024, ia berada di daerah pemilihan DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri.

Berdasarkan real count atau penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum per Sabtu (17/2/2024) pukul 13.44 WIB,  Uya Kuya sudah meraih 115.189 suara. Namun, saat ini baru 47,98n persen suara yang masuk ke KPU.

Di antara caleg PAN lain, Uya Kuya bersaing dengan Lula Kamal dengan 106.773 suara.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/b4Uv-7Y2GxQ

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya