Comscore Tracker

Ratusan Mahasiswa UI Ikut Aksi Tolak RKUHP dan Pelemahan KPK

Mahasiswa akan terus mengawal tuntutannya kepada legislatif

Jakarta, IDN Times - Ratusan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) bergabung dengan beberapa mahasiswa kampus lainnya, dalam aksi damai menolak Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dan pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan disahkannya Revisi Undang-undang KPK  di depan Gedung DPR, Jakarta, Kamis (19/9).

Menurut Kepala Departemen Kajian Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Elang ML, pihaknya menyuarakan tuntutan yang sama dengan perwakilan-perwakilan mahasiswa dari kampus lainnya yang melakukan demonstrasi hari ini.

"BEM UI menolak RKUHP dan pelemahan KPK. Pun dari kampus lain membawa tuntutan yang sama, ya RUU-RUU bermasalah," kata Elang kepada IDN Times di sela-sela aksi.

Ia menyebut, aksi ini sudah disiapkan sejak Rabu malam. Tapi, sebelumnya ia dan rekan-rekan dari universitas lain, yakni ada dari ITB, Trisakti, UPN, Universitas Veteran dll, sudah melakukan konsolidasi dari demonstrasi yang dilakukan di depan Gedung DPR ini.

Lebih jauh, Elang mengaku bakal terus mengawal tuntutan yang tengah didengungkan kepada legislatif. Jika hal itu tidak digubris, mahasiwa bakal melakukan aksi yang lebih besar agar semua tuntutan yang dianggap merugikan masyarakat dikabulkan.

Baca Juga: [BREAKING] Demonstrasi Mahasiswa Depan Gedung DPR Tolak RKUHP dan UU KPK

Topic:

  • Sunariyah
  • Dwi Agustiar

Just For You