KPU Kirim Surat Suara ke Taiwan Lebih Awal, Jokowi: Kantor Pos Tutup

PPLN memiliki 3 alasan mengirim surat suara lebih awal

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengungkap alasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengirim surat suara ke Taiwan lebih awal. Menurutnya, hal tersebut dilakukan karena jasa pengiriman logistik Taiwan sedang libur panjang.

“Tapi tadi saya diceritakan bahwa memang ada kekhawatiran, karena ini tahun baru, kantor pos tutup agak lama di sana sehingga dikirim mendahului,” kata Jokowi setelah menghadiri acara konsolidasi nasional Pemilu 2024 di Istora Senayan, Sabtu (30/12/2023).

Baca Juga: Jokowi Ingatkan KPU: Keteledoran Teknis Berimplikasi Politis

1. Jokowi serahkan penjelasan soal surat suara Taiwan kepada KPU

KPU Kirim Surat Suara ke Taiwan Lebih Awal, Jokowi: Kantor Pos TutupKetua KPU RI Hasyim Asy'ari bersama sejumlah komisioner di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Namun demikian, ia menyerahkan penjelasan tentang hal itu untuk dijawab oleh KPU. Ia memastikan, peristiwa ini akibat kesalahan teknis.

“Tapi untuk teknisnya nanti biar Pak Ketua KPU yang menyampaikan,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Minta KPU Netral: Sesuai Aturan Dicurigai Apalagi Melenceng

2. Viral TKI di Taiwan sudah menerima surat suara

KPU Kirim Surat Suara ke Taiwan Lebih Awal, Jokowi: Kantor Pos TutupIlustrasi Surat Suara (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sebelumnya, viral di media sosial seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) di Taiwan sudah menerima surat suara pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Ketua KPU, Hasyim As'yari, membenarkan surat suara itu asli.

Itu merupakan metode pemilihan dengan cara dikirim melalui kantor pos. Hasyim mengatakan, surat tersebut seharusnya dikirim pada 2-1 Januari 2024 berdasarkan Peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2024.

Namun, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taiwan mengirimkannya pada 2 Desember dan 18 Desember 2023. Pengiriman pertama pada 2 Desember 2023, ada 929 surat suara pilpres dan 929 surat suara Pileg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2.

"Gelombang kedua dikirimkan 25 Desember 2023 oleh PPLN kepada pemilih, yang dikirimkan 30.347 amplop lembar surat suara untuk pilpres dan DPR RI," ujar Hasyim dalam konferensi pers di kantor KPU, Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: Ketua KPU RI Lantik Anggota KPUD 40 Kabupaten Kota Sabtu Dini Hari

3. Alasan PPLN Taiwan mengirimkan surat suara sebelum waktunya

KPU Kirim Surat Suara ke Taiwan Lebih Awal, Jokowi: Kantor Pos TutupIlustrasi Surat Suara (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Hasyim mendapat penjelasan dari PPLN Taiwan alasan mengirim surat suara itu sebelum waktunya. Pertama, mayoritas WNI di Taiwan bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Kedua, warga kita yang menjadi pekerja migran itu memiliki kondisi demografis dan aturan dari penyedia pekerjaan yang berbeda-beda, ada yang diizinkan libur dalam rentang satu minggu sekali, dua minggu sekali, dan satu bulan sekali," kata dia.

Ketiga, karena pada 8-14 Februari 2024 di Taiwan adalah hari libur Tahun Baru China, maka kantor pos tutup sehingga surat suara hanya bisa dikirimkan melalui pos hanya sampai tanggal 7 Februari.

KPU RI juga sudah memberikan peringatan keras kepada seluruh PPLN sedunia untuk mengikuti aturan yang berlaku.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Survei: Publik Percaya TNI-Polri Bisa Jaga Netralitas Pemilu 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya