Demonstran Bakar Ban di Depan DPR, Jalan Gatot Subroto Ditutup

Hanya jalur bus TransJakarta yang dibuka

Jakarta, IDN Times - Demonstrasi di depan gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (5/3/2024) berlangsung memanas. Massa yang mengklaim sebagi Gerakan Masyarakat Tolak Pilpres Curang pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut satu dan tiga itu, membakar ban.

Dari pantauan IDN Times, massa membakar ban di tengah jalan depan Gedung DPR. Terlihat kepulan asap hitam membumbung tinggi.

Sementara, akibat demonstrasi ini, sejak pukul 12.00 WIB WIB, Jalan Gatot Soebroto arah Slipi dan Palmerah ditutup, kecuali jalur transjakarta (busway) yang disisakan untuk dilewati kendaraan satu jalur.

Dalam aksinya, massa juga membawa spanduk-spanduk berisi tuntutan mereka.

Koordinator Presidium Demo, Afandi Ismail, mengungkapkan ada beberapa tuntutan dalam aksi kali ini, di antaranya mendesak agar pemerintah segera menurunkan harga sembako dan DPR segera membahas hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024. 

"Kenapa? Seperti yang banyak mungkin teman-teman media dengar dari saya, dan dari yang lain juga, saya kira bahwa berbicara tentang harapan rakyat hari ini untuk menyelamatkan mengembalikan maruah demokrasi kita itu hanyalah ke DPR-MPR itu harapan terakhir rakyat melalui hak angket. Karena kita sudah kehilangan trust, kita sudah kehilangan kepercayaan kepada Mahkamah Konstitusi," kata dia kepada awak media.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan aksi ini digelar dua massa, yakni massa yang pro digulirkan hak anget, dan yang kontra. Maka itu, polisi membuat sekat untuk memisahkan kedua massa.

"Akan ada dua kelompok elemen masyarakat baik itu kelompok pro dan kontra. Tentu kami tidak berharap adanya gesekan antara massa pro dan massa kontra," kata dia, di lokasi.

Baca Juga: Demo soal Hak Angket di Depan DPR Terbagi 2 Kubu, Polisi Beri Sekat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya