Khofifah Tegaskan Loyalitas ke NU, Sindir Cak Imin?

Khofifah tegaskan loyal ke NU

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Khofifah Indar Parawansa, angkat bicara setelah sempat disinggung soal loyalitasnya. Khofifah merasa heran dengan pihak-pihak yang mempertanyakan kesetiaannya terhadap NU.

Menurut Khofifah, tidak sepatutnya loyalitas NU seseorang dipertanyakan. Tanggapan Khofifah lantas dikaitkan dengan cuitan calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar.

1. Khofifah tegaskan setia ke NU

Khofifah Tegaskan Loyalitas ke NU, Sindir Cak Imin?Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Menurut Khofifah, tidak seharusnya kadar loyalitas seseorang terhadap NU dipertanyakan oleh pihak-pihak tertentu. Sebab, bagi Khofifah hal tersebut tidak ada tolak ukurnya dan merupakan ideologi personal seseorang.

"Menurut saya, gak usah kita menakar ke-NU-an seseorang. Itu sesuatu yang terkait dengan ideologi kehidupan keagamaan. Jadi saling menghormati saja," ujar Khofifah usai menghadiri Dzikir, Do'a, dan Sholawat menyambut Harlah ke-101 NU dan Harlah ke-78 Muslimat NU untuk kemaslahatan Indonesia yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (20/1/2024).

Baca Juga: Bergabung TKN Prabowo-Gibran, Khofifah Bakal Nonaktif di Muslimat NU

2. Khofifah tegaskan NU asli

Khofifah Tegaskan Loyalitas ke NU, Sindir Cak Imin?Ribuan anggota muslimat Nahdlatul Ulama (NU) memenuhi acara Zikir, Doa, dan Sawalat menyambut Harlah ke-101 NU dan Harlah ke-78 Muslimat NU untuk Kemaslahatan Indonesia di SUGBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). (IDNTimes/Margith Juita Damanik)

Hadir dalam Harlah Muslimat NU, Khofifah menyapa Ketua PBNU, Yusuf Cholil Sataquf dan Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Khofifah mengatakan, kedua sosok tersebut telah menegaskan ke-NU-an Khofifah adalah asli.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Sekjen PBNU, Gus Ipul, secara khusus bersama Kiai Yahya Cholil Staquf, beliau menyampaikan kalau ke-NU-an Khofifah katanya asli," kata Khofifah dalam sambutanya.

Khofifah menjelaskan alasannya menegaskan soal ke-NU-an dalam Harlah Muslimat NU ke-78.

"Karena kebetulan ramai, dan diramaikan maka kepada warga muslimat perlu dong saya mendapatkan kesaksian mereka. Kira-kira ke-NU-an saya meragukan atau meragukan? Kan sederhana," kata Khofifah.

3. Sindir cak Imin?

Khofifah Tegaskan Loyalitas ke NU, Sindir Cak Imin?Cuitan Cak Imin menyebut Khofifah (X.com/cakimiNOW)

Tanggapan Khofifah ini lantas dikaitkan dengan pernyataan Calon wakil presiden, Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Beberapa waktu lalu, Cak Imin sempat meragukan ke-NU-an pihak yang tidak memilih pasangan Anies Baswedan-Cak Imin (AMIN).

Kala itu, pernyataan Cak Imin lantas dikaitkan dengan keputusan Khofifah untuk merapat ke pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Namun, dalam cuitannya, Cak Imin mengatakan dia sama sekali tak membicarakan Khofifah.

"Hemm... perasaan saya gak pernah ngomongin Bu Khofifah deh," ujar Cak Imin dalam cuitannya.

Baca Juga: Hadiri Harlah ke-78 Muslimat NU, Jokowi: Jangan Mau Diadu Domba

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya