Deretan Program dan Janji Prabowo-Gibran Selama Kampanye Pilpres 2024

Prabowo-Gibran sah jadi presiden-wakil presiden terpilih

Jakarta, IDN Times - Pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan menjadi presiden dan wakil presiden 2024-2029 terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Pilpres 2024 pada Rabu, 24 April 2024.

Penetapan dua hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 yang diajukan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 dan 03 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut jadwal yang ditetapkan dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024, pasangan tersebut dijadwalkan akan dilantik pada 20 Oktober 2024.

Berikut delapan program andalan yang dijanjikan pasangan Prabowo-Gibran dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) selama masa kampanye Pilpres 2024.

Baca Juga: Perbandingan Gaji Prabowo Saat Menteri vs Presiden, Naik Tiga Kali

1. Makan siang dan susu gratis bagi siswa sekolah

Deretan Program dan Janji Prabowo-Gibran Selama Kampanye Pilpres 2024Siswa SD di Banjarmasin makan siang bersama. (Istimewa)

Dalam kampanyenya, Prabowo-Gibran sering menggaungkan program andalannya yakni makan siang gratis. Prabowo mengatakan program makan siang gratis dan bantuan gizi merupakan strategi jangka panjang untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM).

Program ini ditargetkan untuk memberikan makan siang dan susu gratis kepada 82,9 juta warga miskin. Mereka berasal dari tiga golongan. Pertama, 74,2 juta anak sekolah. Kedua, 4,3 juta santri. Ketiga, 4,4 juta ibu hamil.

Hitungan tim Prabowo memperkirakan, anggaran makan siang gratis di sekolah akan menghabiskan dana sekitar Rp 400 triliun dengan asumsi Indeks Rp 15.000 per makan. Program ini diharapkan bisa menekan angka stunting dan meringankan beban rakyat miskin.

2. Meningkatkan produktivitas pertanian

Deretan Program dan Janji Prabowo-Gibran Selama Kampanye Pilpres 2024Ilustrasi sawah (IDN Times/Rochmanudin)

Prabowo-Gibran juga berencana meningkatkan produktivitas lahan pertanian melalui program intensifikasi dan ekstensifikasi yang menjadi kunci swasembada pangan. Program ini akan diterapkan di desa, kecamatan, kabupaten/kota, dan nasional secara efektif, terintegrasi, dan berkelanjutan.

“Ditargetkan minimal tambahan 4 juta hektare (ha) luas panen tanaman pangan tercapai pada 2029,”ujar Prabowo-Gibran dalam dokumen visi dan misinya.

3. Kartu Kesejahteraan

Deretan Program dan Janji Prabowo-Gibran Selama Kampanye Pilpres 2024ilustrasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah (kip-kuliah.kemdikbud.go.id/)

Masih seputar ekonomi, Prabowo-Gibran juga akan melanjutkan dan menambahkan program kartu kesejahteraan sosial dan kartu usaha untuk mewujudkan kemiskinan 0 persen di Indonesia.

Kartu kesejahteraan sosial itu antaralain Kartu Indonesia Sehat (KIS), KIS Lansia, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Mekar, dan Program Keluarga Harapan. Mereka juga berencana menambahkan Kartu Anak Sehat ke daftar program-program tersebut.

Selain itu, Prabowo-Gibran akan mendorong, memperluas, dan meningkatkan program-program seperti Kredit Usaha Tani, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, Produksi Pangan Rakyat, Nelayan, Pesisir, Industri Hilir UKM, Kredit untuk Usaha Start Up, dan kredit untuk para milenial. 

"Untuk menjadi garda terdepan dalam upaya peningkatan wirausaha dan sekaligus memberantas kemiskinan serta peningkatan Indeks Pembangunan Manusia," ucap Prabowo-Gibran, dalam program visi misinya.

Maka itu, kata mereka, negara harus melanjutkan program tersebut, dan ditingkatkan menjadi perlindungan sosial sepanjang hayat dengan target angka kemiskinan di bawah 6 persen, serta mencapai status pembangunan manusia sangat tinggi (IPM di atas 80).

4. Menaikkan gaji ASN

Deretan Program dan Janji Prabowo-Gibran Selama Kampanye Pilpres 2024Ilustrasi ASN Pemprov NTB. (dok. Istimewa)

Prabowo-Gibran secara spesifik akan menaikkan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama guru, dosen, dan tenaga kesehatan. Tak hanya ASN, gaji TNI/Polri serta pejabat negara pun akan dinaikkan, agar terlaksana pelayanan publik yang baik.

“Pendapatan mereka (ASN, TNI/Polri) perlu ditingkatkan secara layak,” ucapnya.

Prabowo-Gibran menilai kebijakan penggajian harus diarahkan pada upah minimum provinsi (UMP), dengan rentang gaji tertinggi mengacu pada jabatan profesional, meski pelaksanaan dilakukan bertahap sesuai kemampuan keuangan negara.

5. Mendirikan Badan Penerimaan Negara

Deretan Program dan Janji Prabowo-Gibran Selama Kampanye Pilpres 2024lustrasi pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Program lain Prabowo-Gibran adalah mendirikan Badan Penerimaan Negara. Mereka akan meningkatkan rasio penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) ke 23 persen.

Mereka menekankan perlunya peningkatan pendapatan negara melalui sumber pajak dan bukan pajak (PNBP), terutama karena pembangunan membutuhkan anggaran yang cukup besar dari pemerintah.

Prabowo-Gibran menyatakan negara memerlukan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan pendapatan negara dari dalam negeri.

6. Pembangunan desa dan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Deretan Program dan Janji Prabowo-Gibran Selama Kampanye Pilpres 2024Ilustrasi suasana di pedesaan (IDN Times/Rochmanudin)

Selanjutnya adalah melanjutkan program pembangunan infrastruktur desa, BLT, dan menyediakan rumah murah bersanitasi baik untuk yang membutuhkan.

Prabowo-Gibran siap membangun desa sebagai strategi utama dalam pembangunan nasional. Untuk itu, program terkait pembangunan desa yang sudah dilaksanakan harus dilanjutkan dan ditingkatkan.

Pasangan Koalisi Indonesia Maju ini menargetkan akan membangun atau merenovasi 40 rumah per desa/kelurahan setiap tahunnya. Program ini akan mencapai 3 juta rumah mulai tahun kedua menjabat.

7. Pemeriksaan kesehatan gratis

Deretan Program dan Janji Prabowo-Gibran Selama Kampanye Pilpres 2024Suasana pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selanjutnya, Prabowo-Gibran juga berkomitmen memperluas akses pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat, sehingga setiap individu dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan yang diperlukan tanpa harus khawatir tentang biaya.

Mereka juga berjanji mengurangi kasus tuberkulosis (TBC) sebanyak 50 persen dalam waktu lima tahun, dengan melakukan berbagai langkah preventif, seperti meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan, menyediakan pengobatan yang terjangkau dan efektif, serta meningkatkan sistem pemantauan dan pengendalian penyakit.

Selain itu, Prabowo-Gibran berencana membangun rumah sakit yang lengkap dan berkualitas di setiap kabupaten, sehingga masyarakat tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan perawatan medis yang memadai. Hal ini akan membantu meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

8. Membangun dan memperbaiki sekolah

Deretan Program dan Janji Prabowo-Gibran Selama Kampanye Pilpres 2024Ilustrasi ruangan kelas yang ambruk di SDN Kedaung, Jalan Pertiwi Kedaung, Sawangan, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Selain itu, Prabowo-Gibran juga berkomitmen membangun sekolah-sekolah unggul yang terintegrasi di setiap kabupaten, dengan menyediakan fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mendukung pendidikan berkualitas.

Mereka juga akan fokus pada perbaikan sekolah yang memerlukan renovasi, sehingga lingkungan belajar menjadi lebih kondusif dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan tenaga pendidik.

Selain memperhatikan infrastruktur fisik sekolah, Prabowo-Gibran akan mengembangkan kurikulum yang relevan dan inovatif, serta meningkatkan pelatihan dan pembinaan bagi guru, agar mampu memberikan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan perkembangan zaman.

Tak hanya itu, KIM juga akan mendorong penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk memperluas akses dan meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya