Comscore Tracker

Luhut Ikut Jokowi Makan Malam Bareng Joe Biden di Gedung Putih

Ada sejumlah agenda Jokowi di Amerika Serikat hari ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini akan mengikuti sejumlah agenda dalam acara KTT Khusus ASEAN-Amerika Serikat di Washington DC, Kamis (12/5/2022).

Agenda pertama yang akan diikuti Jokowi yakni bertemu dengan Chairman dan CEO Air Products Seifi Gashemi.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi juga diagendakan pergi ke Capitol Hill untuk menghadiri jamuan makan siang waktu setempat bersama pemimpin negara-negara ASEAN, oleh Ketua Dewan Perwakilan AS (Speaker) Nancy Pelosi dan anggota Kongres AS.

Baca Juga: Jokowi ke Amerika, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden

1. Jokowi makan malam bareng Joe Biden, Luhut turut dampingi

Luhut Ikut Jokowi Makan Malam Bareng Joe Biden di Gedung PutihMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pada malam harinya, Jokowi bersama para pemimpin negara ASEAN lainnya akan dijamu Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, di Guedung Putih. Para pemimpin negara itu akan makan malam bersama.

Dalam agenda ini, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju turut mendampingi. Misalnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: Jokowi Tak Disambut Pejabat AS, Kemlu RI Angkat Bicara

3. Jokowi ke Amerika Serikat, Ma'ruf Amin jadi Plt Presiden

Luhut Ikut Jokowi Makan Malam Bareng Joe Biden di Gedung PutihPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu di Istana Merdeka pada Senin (9/5/2022). (dok. Setwapres)

Diketahui, Presiden Jokowi mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2022. Keppres itu berisi tentang penugasan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan tugas presiden.

Keppres tersebut menugaskan Ma'ruf Amin untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sebab, Jokowi saat ini sedang melaksanakan kunjungan kerja ke Amerika Serikat pada 10-16 Mei 2022.

Artinya, selama 10-16 Mei 2022, Ma'ruf Amin bertugas sebagai pelaksana tugas (Plt) Presiden.

3. Setelah Jokowi kembali ke Indonesia, penugasan Plt Presiden berakhir

Luhut Ikut Jokowi Makan Malam Bareng Joe Biden di Gedung PutihPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu di Istana Merdeka pada Senin (9/5/2022). (dok. Setwapres)

Dalam Keppres tersebut, apabila Jokowi telah kembali ke Tanah Air, penugasan Ma'ruf Amin sebagai Plt Presiden berakhir. Selain itu, Ma'ruf wajib memberikan laporan kepada Jokowi selama menjadi Plt Presiden.

Keppres Nomor 6 Tahun 2022 ini ditandatangani Jokowi pada 10 Mei 2022.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya