Usai Teriakan Dukungan Jokowi 3 Periode, Apdesi Terbelah!

Apdesi yang lain memperlihatkan bukti organisasi yang sah

Jakarta, IDN Times - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang dipimpin Ketua Umum Surtawijaya pada Selasa (29/3/2022), menggelar silaturahmi nasional (Silatnas) di Istora Senayan, Jakarta. Silatnas itu juga dihadiri Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Dalam acara tersebut, Surtawijaya bersama kelompoknya mendukung Jokowi untuk menjabat presiden hingga tiga periode. Bahkan, mereka berencana akan melakukan deklarasi.

"Habis Lebaran kami deklarasi. Teman-teman di bawah kan ini bukan cerita, ini fakta, siapa pun pemimpinnya, bukan basa-basi, diumumkan, dideklarasikan apa yang kita inginkan, Beliau kabulkan," ujar Surtawijaya, Selasa kemarin.

Baca Juga: Bambang Pacul: Deklarasi Kades Jokowi 3 Periode Boleh-Boleh Saja

1. Muncul Apdesi lain

Usai Teriakan Dukungan Jokowi 3 Periode, Apdesi Terbelah!Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Surtawijaya, apdesi

Selang sehari, rupanya ada Apdesi lain yang Ketua Umumnya Arifin Abdul Majid dan Sekjennya Muksalmina. Organisasi ini kemudian menunjukkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, kalau organisasinya lah yang sah mengatasnamakan Apdesi.

"Seperti diketahui Apdesi beranggotakan kepala desa dan perangkat desa, baik yang aktif maupun purna bakti seluruh Indonesia dan sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Apdesi telah mendapatkan pengesahan sebagai organisasi masyarakat berbadan hukum sejak 2016 sesuai
dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU.0072972-AH.01.07 TAHUN 2016, dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-0001295-AH.01.08 Tahun 2021," tulis Arifin dalam pernyataan sikap yang dikutip IDN Times, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Depan Luhut, Kepala Desa di Istora Senayan Teriak Jokowi 3 Periode

2. Sebut nama Apdesi dicatut

Usai Teriakan Dukungan Jokowi 3 Periode, Apdesi Terbelah!Presiden Jokowi dalam acara pertemuan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Surtawijaya (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam suratnya, Arifin menyebut, Apdesi telah dicatut oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Terlebih, kata dia, kelompok tersebut meminta adanya perpanjangan masa jabatan presiden.

"Mengutuk keras dan menggiring opini seolah-olah seluruh kepala desa bergabung dalam organisasi kami, meminta perpanjangan masa jabatan presiden," ucapnya.

3. Minta polisi turun tangan

Usai Teriakan Dukungan Jokowi 3 Periode, Apdesi Terbelah!Presiden Jokowi dalam acara pertemuan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Surtawijaya (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Arifin meminta kepada polisi untuk mengusut aktor intelektual dalam masalah ini. Dia menyebut, pernyataan dukungan masa jabatan presiden tiga periode juga telah mencemarkan nama baik Jokowi.

"Mengharapkan semua teman-teman media dapat membantu meluruskan informasi ini kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi penyesatan dan distorsi Informasi yang merugikan kelembagaan dan anggota Apdesi seluruh Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: Dukung Jokowi 3 Periode, Kepala Desa: Seumur Hidup Gak Apa-Apa Kok

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya