5 Bencana Alam Indonesia yang Menyita Perhatian Publik di Tahun 2018

#Replay2018 Banyak kerusakan dan korban jiwa

Bencana alam merupakan segala peristiwa yang terjadi yang disebabkan oleh alam itu sendiri maupun prilaku manusia yang tidak menjaga alam seperti gempa, gunung meletus, tsunami dan banjir.

Di sepanjang tahun 2018 ini ada beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia dan menyita banyak perhatian publik. Berikut adalah 5 bencana alam yang terjadi Indonesia.

1. Gempa di Lebak-Banten (Januari)

5 Bencana Alam Indonesia yang Menyita Perhatian Publik di Tahun 2018instagram.com/anjani_tata

Gemba berkekuatan skala 5.6 SR mengguncang kabupaten Lebak-Banten. Dari gempa tersebut sebanyak 476 rumah mengalami kerusakan. Tidak hanya itu ada 4 orang tewas dalam gempa dan 36 korban mengalami luka-luka. Hingga saat terakhir tercatat kerugian dan kerusakan akibat gemba tersebut mencapai angka Rp250,76 milyar.

2. Longsor di Brebes-Jawa Tengah (Februari)

5 Bencana Alam Indonesia yang Menyita Perhatian Publik di Tahun 2018instagram.com/sarungkardus1

Pada Februari lalu warga Brebes, Jawa Tengah ditimpa bencana longsor yang cukup parah. Penyebab longsor ini dikarenakan adanya kemiringan lereng curam, struktur tanah sarang yang gembur dan remah serta hujan sebagai pemicu terbesar dari longsor. Dari kejadian tersebut sebanyak 5 orang tewas dan 15 orang hilang serta sebanyak lebih dari 900 warga telah mengungsi.

Baca Juga: Ini Dia 10 Trending Topic di Google Indonesia Tahun 2018

3. Gunung Sinabung di Karo-Sumatera Utara (April)

5 Bencana Alam Indonesia yang Menyita Perhatian Publik di Tahun 2018instagram.com/bagusbikoel

Gunung Sinabung yang meletus pada tanggal 19 Februari 2018 pukul 08.53 WIB ini sangat menggemparkan seluruh warga kabupaten Karo, Sumatera Utara. Meskipun tidak ada korban jiwa dan kerusakan, tetapi masyarakat dihimbau untuk berhati-hati dan tidak boleh berada didekat gunung dalam radius 3 km.

4. Gempa Lombok-NTB (Agustus)

5 Bencana Alam Indonesia yang Menyita Perhatian Publik di Tahun 2018instagram.com/tommysetiotomo

Gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan gempa yang terjadi di Indonesia dengan skala 6,4 Mw dengan kedalaman 24 km di bawah tanah. Guncangan dari gempa ini dirasakan sampai ke pulau Bali dan pulau Sumbawa.

Hingga saat ini tercatat 20 orang meninggal dunia dan 402 korban mengalami luka-luka.

5. Gempa dan Tsunami di Palu-Sulawesi Selatan (September)

5 Bencana Alam Indonesia yang Menyita Perhatian Publik di Tahun 2018menlhk.go.id

Gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Selatan ini merupakan bencana alam yang paling banyak di sorot oleh publik. Guncangan dengan skala terbesar 7,4 Mw ini pertama kalinya terjad dan diikuti dengan tsunami.

Banyaknya korban jiwa dan kerugian yang diakibatkan dari bencana ini, membuat seluru masyarakat indonesia simpati dan berbondong-bondong memberikan bantuan tidak terkecuali masyarakat luar negeri juga lho.

Itulah 5 bencana alam indonesia yang menyita perhatian publik di tahun 2018. Semoga kita tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga: Meneropong 10 Peristiwa Langit Desember 2018, Ada Hujan Meteor!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya