400 Sekolah Menengah Atas se-DKI Ikuti Edukasi Kesehatan Mental Remaja

Edukasi melalui program #OkayFellas Ambassador

Jakarta, IDN Times - I Am Okay resmi meluncurkan program #OkayFellas Ambassador yang bertujuan mengedukasi kesehatan mental bagi seluruh pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan Co-Founder sekaligus Editor in Chief I Am Okay, Kavin Arsshiddiq melalui akun YouTube resmi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

"Kenapa ada #OkayFellas Ambassador dan kick-off (diresmikan) sekarang? Karena, Kita lihat bahwa bulan ini merupakan momentum yang tepat. Karena, bulan ini merupakan bulan kesehatan jiwa," ujar Kavin.

Baca Juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Mengapa Kesehatan Mental Penting?

1. Program #OkayFellas akan dipantau Disdik dan Dinkes

400 Sekolah Menengah Atas se-DKI Ikuti Edukasi Kesehatan Mental RemajaKepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdianah dan Wakil Kepala Dinas Syaefullah (IDN Times/Aryodamar)

Dalam mendukung program kegiatan #OkayFellas Ambassador tersebut, I Am Okay segera mengumpulkan seluruh siswa di forum yang sudah dimilikinya.

Kavin mengatakan, forum tersebut nantinya akan dipantau oleh Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

"Intinya di kegiatan #OkayFellas Ambassador nanti ke depannya, kami kumpulkan siswa-siswa, OSIS ke dalam suatu forum yang sudah kami punya. Nanti di situ isinya ada teman-teman dari Disdik dan juga dari Dinkes supaya bisa terpantau," kata dia.

Baca Juga: 1 dari 3 Remaja Usia 10-17 Tahun Miliki Masalah Kesehatan Mental  

2. Terdapat 300 siswa dalam forum

400 Sekolah Menengah Atas se-DKI Ikuti Edukasi Kesehatan Mental Remajailustrasi pelajar SMA (unplash.com/Ed Us)

Kavin menyebutkan, saat ini sudah ada sekitar 300 siswa masuk ke dalam forum #OkayFellas Ambassador di grup chat Telegram. Kebanyakan siswa tersebut merupakan ketua atau wakil Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dari 400 sekolah.

"Sebagai informasi, forum kita di grup Telegram itu sampai dengan saat ini, kurang lebih sudah ada 300 perwakilan siswa (perwakilan OSIS) yang nantinya bisa menjembatani ke sekolah," kata dia.

Baca Juga: Tragedi MTsN 19, Disdik DKI Diminta Awasi Keamanan Bangunan Sekolah

3. Program dilaksanakan 6-12 bulan

400 Sekolah Menengah Atas se-DKI Ikuti Edukasi Kesehatan Mental RemajaPeresmian #OkayFellas Ambassador (Dinkes DKI Jakarta/YouTube)

Program #OkayFellas akan dilaksanakan selama 6-12 bulan. Namun dalam tahap awal akan dicoba 6 bulan terlebih dahulu dengan menghadirkan berbagai narasumber kredibel.

"Nanti kita lakukan edukasi (ilmu dasar kesahatan mental) kepada teman-teman. Dalam sebulan itu ada dua kali, nanti ada narasumber-narasumber yang mudah-mudahan bagus," kata Kavin.

Baca Juga: Stop Lakukan 5 Hal Ini ke Orang yang Punya Masalah Kesehatan Mental

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya