Drone Emprit: Anies Dapat Sentimen Positif Usai Debat Capres Pamungkas

Prabowo dapat sentimen negatif terbanyak

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, mendapatkan sentimen positif paling besar di media sosial selama debat capres berlangsung pada Minggu (4/2/2024). Hal itu merupakan kesimpulan dan analisis Drone Emprit pada Minggu pukul 19.00 WIB hingga 22.00 di platform X. 

Dari jumlah percakapan yang ada, Anies menjadi capres yang paling banyak dibicarakan. Angkanya mencapai 160.426 (45 persen). Trennya pun menunjukkan kenaikan dari debat dimulai hingga di bagian akhir. 

Sementara, jumlah mention Prabowo Subianto mencapai 100.554 (28 persen). Sedangkan, Ganjar Pranowo paling sedikit mendapatkan mention di X yakni 95.276 (27 persen). 

Berdasarkan pembicaraan di media sosial itu, Anies mendapatkan sentimen positif yakni 86 persen. Sementara, sentimen positif kedua diraih oleh Ganjar. Di sisi lain, pembicaraan mengenai Prabowo justru menunjukkan sentimen tertinggi yang negatif. 

"Sentimen dianalisis oleh AI (artificial intelligence) dan kemudian diperiksa serta dikoreksi oleh human annotator untuk memastikan arah sentimen sesuai dengan capres yang dianalisis," ujar pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, dikutip dari akun media sosialnya pada Senin (5/2/2024). 

"Anies Baswedan, sentimen positif 86 persen, sentimen negatif 6 persen dan sentimen netral 8 persen. Prabowo Subianto, sentimen positif 43 persen, sentimen negatif 48 persen dan sentimen netral 9 persen. Ganjar Pranowo, sentimen positif 72 persen, sentimen negatif 14 persen dan sentimen netral 14 persen," katanya lagi. 

1. Anies dapat sentimen positif ketika menyinggung isu bansos dan UKT yang pakai pinjol

Drone Emprit: Anies Dapat Sentimen Positif Usai Debat Capres PamungkasAnalisis sentimen debat capres 2024 pamungkas versi Drone Emprit. (Tangkapan layar dokumentasi Drone Emprit)

Fahmi menjelaskan opini positif apa saja terkait Anies dan muncul selama debat pamungkas. Opini positif terbangun karena Anies menyinggung program bansos plus untuk rakyat bukan mewakili kepentingan pribadi dan pembahasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dicarikan alternatif pembayarannya dengan pinjol. 

"Selain itu, cara Ganjar-Anies saling meneruskan gagasan dan program dan penggunaan bahasa isyarat sebelum membuka debat juga menimbulkan opini positif di dunia maya," kata Fahmi. 

Warganet juga mengapresiasi Anies ketika menyindir Prabowo soal perekonomian yang dikuasai oleh segelintir orang, rencananya membangun Kementerian Kebudayaan, dan saat menyinggung tingginya kekerasan seksual yang dialami oleh kaum perempuan. Meski begitu, Anies juga tidak luput dari sentimen negatif yakni ketika menyinggung rencana koalisi paslon 1 dengan paslon 3. 

"Publik menilai itu koalisi teraneh dan disusupi HTI (Hizbut Tahrir Indonesia), FPI (Front Pembela Islam) berkoalisi dengan PDIP. Selain itu, Anies juga mendapat sentimen negatif karena para pendukungnya tidak mencerminkan apa yang sudah digaungkan oleh pemimpinnya," kata dia. 

Baca Juga: Soal Tambang, Anies Dipastikan Tak Tunduk pada Surya Paloh dan JK

2. Prabowo dipandang memiliki sentimen positif karena lebih prima saat sesi debat

Drone Emprit: Anies Dapat Sentimen Positif Usai Debat Capres PamungkasCalon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, saat debat capres kelima yang digelar di JCC, Minggu (4/2/0224). (youtube.com/tvOne Digital TV POOL)

Sementara, capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, mendapatkan sentimen positif karena dianggap lebih prima dibandingkan dua debat sebelumnya. Sikap Prabowo pun terlihat lebih tenang. 

Publik juga memandang positif Prabowo karena ia akan membangun 300 fakultas kedokteran di Indonesia. Selain itu, Prabowo yang beberapa kali menyatakan persetujuannya terhadap argumen Ganjar dan Anies juga menyebabkan sentimen positif. 

Di sisi lain, Prabowo mendapat sentimen negatif lantaran kerap sepakat dengan pernyataan Anies di sesi debat capres pamungkas.

"Prabowo juga mendapat sentimen negatif lantaran program makan dan susu gratis. Ia juga dikritik karena menyebut otak lamban saat debat," kata Fahmi. 

Bahkan, pernyataan Prabowo terkait penanganan stunting yang bakal diatasi dengan program makan gratis pun menuai sentimen negatif. 

3. Ganjar mendapat sentimen positif karena outfit-nya paling keren

Drone Emprit: Anies Dapat Sentimen Positif Usai Debat Capres PamungkasCalon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saat debat capres kelima yang digelar di JCC, Minggu (4/2/0224). (youtube.com/tvOne Digital TV POOL)

Sementara, capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, mendapat sentimen positif karena dianggap berani secara halus menyindir Prabowo. Bahkan, di dalam pernyataan penutupnya, Ganjar berani mengutip pernyataan Jokowi di debat 2019 lalu agar publik tidak memilih capres yang memiliki rekam jejak pelanggar Hak Asasi Manusia (HAM). 

"Outfit Ganjar yang stylish dan keren juga mendapat sentimen positif. Ia juga diapresiasi soal inklusi perempuan dan disabilitas dalam masyarakat," kata Fahmi. 

Pada debat kelima, Ganjar-Mahfud kompak mengenakan jaket universitas (varsity). Jaket tersebut memiliki kombinasi warna hitam dan putih yang dilengkapi dengan tulisan tentang 21 program unggulan Ganjar-Mahfud. Misalnya, satu keluarga miskin satu sarjana, satu desa satu faskes satu nakes, bansos pasti hingga internet gratis.

Meski begitu, mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menuai sentimen negatif. Antara lain dipicu karena membahas revisi UU Cipta Kerja. Sebab, PDIP sebagai parpol pengusung Ganjar justru salah satu yang setuju dengan undang-undang tersebut. 

"Selain itu, Ganjar dapat sentimen negatif karena nabok nyilih tangan. Kritik Ganjar yang selalu berusaha menyerang juga dipandang oleh warganet negatif," tutur dia lagi. 

https://www.youtube.com/embed/KKO_c-GBllE

Baca Juga: Anies: Bansos Diberikan kepada yang Membutuhkan Saat Dibutuhkan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya