Penampilan Debat Perdana Disambut Positif, Anies: Alhamdulilah

Anies ajak anak muda serius sikapi pilpres

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, mengucapkan syukur karena penampilannya di debat capres putaran pertama disambut positif oleh publik. Hal itu salah satunya tercermin lewat analisa media sosial yang dilakukan Drone Emprit pada Selasa malam (12/12/2023).

Berdasarkan analisa Drone Emprit, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjadi capres yang paling banyak disuarakan di media sosial. Jumlahnya mencapai 44 persen. Pembicaraan mengenai Anies lebih unggul dibandingkan Prabowo Subianto (36 persen) dan Ganjar Pranowo (20 persen).

Drone Emprit juga merekam pembicaraan mengenai Anies lebih banyak mencerminkan sentimen positif. Angkanya mencapai 64 persen.

"Alhamdulilah, kami bersyukur bahwa tadi malam kesempatan bagi kita bertiga untuk menyampaikan visi, untuk menunjukkan prinsip, nilai, cara pandang, cara memutuskan yang itu semua menjadi bahan masyarakat untuk memperbandingkan, menilai, dan itulah fungsi debat. Kami bersyukur sekali dengan reaksi yang ada di media sosial," ujar Anies di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau, Rabu (13/12/2023).

Kedatangan Anies ke Riau merupakan kampanyenya usai debat putaran pertama. Dalam kampanye hari ini, Anies turut didampingi Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali dan Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid.

Lebih lanjut, Anies menyebut, perubahan adalah sebuah keniscayaan. Ia dan Muhaimin sedang berikhtiar mengupayakan perubahan tersebut.

Ketika IDN Times tanyakan apakah hasil debat bisa mendongkrak elektabilitas Anies di sejumlah lembaga survei, ia meminta publik sama-sama memperhatikan. Namun, ia yakin dalam menggunakan hak pilihnya, publik bakal mencari informasi soal calon pemimpinnya.

"Kita lihat saja nanti. Tapi, sering saya sampaikan dari dulu bahwa masyarakat pada akhirnya akan mencari, mempertimbangkan dengan keseriusan, bahwa pilpres ini bukan main-main, pilpres ini adalah sesuatu yang serius," tutur dia sambil mengenakan topi khas Riau, Tanjak.

Dalam debat semalem, katanya, ia turut mengajak anak muda untuk serius dalam menentukan capres. Sebab, hasil pemilu nanti bakal menentukan masa depan masyarakat dan bangsa.

"Pemimpin yang nanti ditugaskan harus merupakan pemimpin yang serius," ujarnya lagi.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya