Prabowo Temui SBY Jumat Malam, Tunjukkan Rasa Hormat ke Senior

Prabowo bantah bicara isu politik dengan SBY

Jakarta, IDN Times - Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto pada Jumat (12/4/2024) malam menemui Ketua Majelis Pertimbangan Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediamannya, Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Prabowo mengaku tidak membahas isu politik dalam pertemuan yang berdurasi sekitar 90 menit itu. 

"Tadi bahas Lebaran. Kita datang ke senior," ujar Prabowo sebelum meninggalkan kediaman SBY di Cikeas. 

Saat ditanya apakah ada pembahasan mengenai penyusunan kabinet, Prabowo berseloroh, isu yang dibahas adalah tentang politik.

"Politik aja terus. Ini kita (bahas) Lebaran," kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu.

Baca Juga: Jokowi Berpeluang Jadi Penasihat Khusus Prabowo-Gibran

1. Partai Demokrat sebut pertemuan Prabowo dan SBY berlangsung hangat

Prabowo Temui SBY Jumat Malam, Tunjukkan Rasa Hormat ke SeniorCapres nomor urut dua, Prabowo Subianto ketika silaturahmi ke kediaman SBY pada 12 April 2024. (Dokumentasi tim media Prabowo)

Menurut Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, pertemuan Prabowo dengan SBY berjalan sangat positif dan konstruktif. Bahkan, bagi Partai Demokrat, Prabowo sudah resmi menjadi Presiden ke-8 RI. 

"Dua negarawan. Presiden ke-6 dan Presiden ke-8 RI. Tampak keakraban dan kehangatan dalam kebersamaan keduanya. Terasa betul bagaimana keduanya saling menghormati," ujar Herzaky. 

Ia menambahkan, pertemuan ini menonjolkan silaturahmi dan persahabatan antara SBY dan Prabowo. Menurutnya, SBY dan Prabowo menampilkan kesejukan dalam pertemuan tersebut.

"Momen Lebaran, hari raya kemenangan yang menonjolkan silaturahmi, persahabatan, dan kekeluargaan. Kesejukan yang diberikan tauladannya oleh kedua tokoh bangsa ini," tutur dia. 

Baca Juga: 2 Jam di Kediaman Airlangga, Prabowo: Sahabat Baik, Bertemu Pasti Lama

2. SBY ikut turun gunung mengampanyekan Prabowo pada Pemilu 2024

Prabowo Temui SBY Jumat Malam, Tunjukkan Rasa Hormat ke SeniorCapres nomor urut dua, Prabowo Subianto ketika bertemu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan pada awal 2024. (www.instagram.com/@fraksipartaigerindra)

Sebelumnya, SBY sudah menyatakan siap turun gunung untuk ikut mengampanyekan Prabowo pada Pemilu 2024. Sikap serupa sudah ditunjukkan oleh Partai Demokrat pada Pemilu 2019 lalu. Bedanya, kali ini Prabowo berhasil unggul. 

"Saya yakini dengan izin Allah, masa Pak Prabowo untuk memimpin kita semua adalah melalui pilpres yang akan datang. For you, saya siap turun gunung!" ujar SBY pada 2023 lalu. 

Upaya SBY turun gunung membuahkan hasil dalam Pemilu 2024. Sebab, Prabowo yang berpasangan dengan Gibran menang telak di Provinsi Jawa Timur. Mereka berhasil meraih 16.716.603 suara, lebih besar daripada pesaingnya Anies-Muhaimin yang mendapat 4.492.652 suara dan Ganjar-Mahfud yang mendapat 4.434.805 suara. 

Baca Juga: 2 Jam di Kediaman Airlangga, Prabowo: Sahabat Baik, Bertemu Pasti Lama

3. Prabowo menghabiskan waktu halalbihalal di kediaman Airlangga selama dua jam

Prabowo Temui SBY Jumat Malam, Tunjukkan Rasa Hormat ke SeniorCapres nomor urut dua, Prabowo Subianto ketika tiba di rumah dinas Airlangga pada Kamis malam, 11 April 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Pertemuan silaturahmi yang cukup lama juga dilakoni Prabowo ketika menyambangi rumah dinas Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto pada Kamis kemarin. Ketua Umum Partai Gerindra itu berada di rumah Airlangga selama dua jam. 

Ketika ditanya mengapa cukup lama berada di kediaman Airlangga, Prabowo menilai tak ada yang aneh dengan hal itu.

"Namanya Lebaran, kan kita semua bersilaturahmi. Pak Airlangga ini kan teman baik, sahabat baik. Kalau sahabat baik bertemu, ya, pasti akan lama (ngobrolnya)," ujar Prabowo.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/JHJSic1HoZ4

Baca Juga: Prabowo Datangi Rumah Ketum PAN, Zulhas: Soal Lebaran dan Persahabatan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya