Viral Video Prabowo Tarik Jaket Bahlil

Sudut rekamannya ada yang berbeda

Jakarta, IDN Times - Debat perdana antar calon wakil presiden menyisakan sejumlah peristiwa yang kini menjadi sorotan. Salah satu yang viral yaitu ketika capres Prabowo Subianto terlihat menarik jaket Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Momen itu terjadi ketika sesi tanya jawab antar cawapres. 

Dari potongan video yang beredar luas di media sosial, terlihat Prabowo memberikan kode untuk memanggil Bahlil. Menteri yang berasal dari Golkar itu menghampiri Prabowo. Dia sempat membungkuk dan mendekatkan dirinya ke Prabowo. Tetapi, tangan kiri Prabowo terlihat menarik jaket hitam yang dikenakan oleh Bahlil. 

Narasi yang berkembang di ruang publik lalu menyebut Prabowo memperlakukan Bahlil lebih rendah. Padahal, keduanya hingga saat ini masih tercatat sebagai menteri di kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

Respons kemudian disampaikan oleh Wakil Komandan Fanta Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Anggawira. Dia mengaku sudah sempat berbincang dengan Bahlil semalam dan diminta memberikan respons. 

"Saya kebetulan ada di lokasi dan melihat suasana penuh keakraban, keceriaan. Jadi, jangan (momen video) dipotong-potong sehingga jadi black campaign," kata Anggawira melalui pesan pendek pada Sabtu (23/12/2023). 

1. Prabowo semula mau merangkul Bahlil

Viral Video Prabowo Tarik Jaket BahlilCapres nomor urut dua, Prabowo Subianto, diingatkan Gibran Rakabuming Raka untuk bersalaman dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Istimewa)

Anggawira menyatakan tidak ada niat tindak kekerasan dari gestur Prabowo ke Bahlil dalam lokasi ruang debat cawapres semalam. Semula, kata Angga, Prabowo ingin merangkul tangan Bahlil. 

"Tangan Pak Bahlil mungkin mau dirangkul (oleh Prabowo). Cuma yang ketarik adalah jaket Beliau. Jadi, saya kira itu adalah hal yang sangat baik. Suasana di sana penuh keceriaan dan kegembiraan," katanya. 

Dia menyatakan sudah jadi hal biasa bagi Prabowo bertukar pikiran dengan siapapun, termasuk sesama koleganya di kabinet Jokowi.

"Itu kemarin chit-chat saja. Pak Bahlil juga terlihat tersenyum dan mendengar. Saya kira itu gerak refleks saja Pak Prabowo," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Anies dan Cak Imin Ngobrol Semalam Suntuk dengan Jusuf Kalla

2. Petinggi Gerindra sebut Prabowo sudah difitnah

Viral Video Prabowo Tarik Jaket BahlilWakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan narasi di dalam video yang beredar di media sosial mengenai Prabowo adalah fitnah. Video tersebut, kata Habiburokhman diambil dari sudut depan dan kejauhan. 

"Sehingga menimbulkan kesan Pak Prabowo telah bersikap kasar dengan mencengkeram kerah baju Pak Bahlil Lahadalia," kata Habiburokhman di dalam keterangan tertulis pada Sabtu (23/12/2023). 

Dia mengirimkan video serupa yang diambil dari sudut perekaman yang berbeda. Tetapi, video itu tetap menggambarkan Prabowo yang menarik jaket Bahlil. Namun, Habiburokhman bergeming. 

"Jadi, tidak benar bahwa Pak Prabowo bersikap kasar. Tidak benar juga kalau ada ketegangan antara Pak Prabowo dengan Pak Bahlil," tutur dia. 

3. Gerindra minta setop niat jahat untuk memfitnah Prabowo

Viral Video Prabowo Tarik Jaket BahlilPasangan Calon Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (dok. TKN Prabowo-Gibran)

Habiburokhman kemudian menyerukan agar berhenti melakukan kampanye hitam terhadap Prabowo. Hal itu termasuk dengan membangun narasi dan niat jahat kepada Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. 

"Perbuatan itu (membuat kampanye hitam) akan sia-sia karena rakyat sudah cerdas dan tidak bisa dibodohi lagi. Kapan pun mereka lakukan kampanye hitam dan penyesatan informasi, maka rakyat akan dengan mudah mencari informasi yang sesungguhnya," kata Habiburokhman. 

https://www.youtube.com/embed/ubAP7eaY4Sc

Baca Juga: Cak Imin Ditanya Akronim SGIE, Anies: Ini Bukan Cerdas Cermat

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya