Comscore Tracker

15 Mei Hari Keluarga Internasional: Ini Sejarahnya

Yuk, latih kekompakkan dengan keluargamu!

Jakarta, IDN Times - Hari Keluarga Intenasional atau International Day of Families diperingati setiap tahunnya pada tanggal 15 Mei. Menurut Kementerian Budaya dan Pendidikan Rakyat Indonesia, keluarga adalah salah satu lembaga sosial.

Keluarga terdiri dari beberapa anggota yang memiliki peran masing-masing. Setiap anggota keluarga memiliki peran yang penting terutama untuk perkembangan anggota- anggota lainnya.

Keluarga berperan membina serta membimbing anggota keluarga mereka agar bisa beradaptasi dengan lingkungan di mana mereka berada. Ketika setiap anggota keluarga menjalankan perannya dengan baik, maka akan tercipta lingkungan yang nyaman dan tenang.

Baca Juga: Keluarga Nahdlatul Ulama Ingatkan Peran Keluarga Penting Atasi Klitih 

1. Sejarah Hari Keluarga Internasional

15 Mei Hari Keluarga Internasional: Ini SejarahnyaPexels/Emmabauso

Awalnya, Hari Keluarga Internasional ini diperingati pada tahun 1993. Namun, jauh sebelum itu, pada tahun 1980-an PBB mulai memfokuskan perhatian mereka pada isu terkait keluarga.

Hal tersebut kemudian diwujudkan dalam resolusi PBB A/RES/47/237. Kemudian di tahun 2015, 193 anggota PBB mengadopsi tujuan berkepanjangan yang terdiri dari 17 tujuan untuk mengatasi kemiskinan, diskriminasi, pelecehan, dan kematian yang dapat dicegah. Keluarga dan kebijakan serta program yang berorientasi pada keluarga ini berperan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Hari Keluarga Internasional diperingati dengan berbagai tujuan. Pertama untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya memiliki hubungan dengan keluarga. Selanjutnya hari spesial ini diperingati agar para anggota keluarga memiliki pengetahuan mereka tentang proses sosial, ekonomi, dan demografi keluarga.

2. Manfaat merayakan Hari Keluarga Internasional

15 Mei Hari Keluarga Internasional: Ini Sejarahnyailustrasi keluarga tanpa TV (IDN Times/Mardya Shakti)

Bukan peringatan semata, ketika kamu menggunakan kesempatan di Hari Keluarga Internasional ini dengan baik kamu bisa memperoleh manfaatnya, lho! Untuk para orang tua, hari spesial ini bisa jadi momen yang tepat untuk mendekatkan diri dengan sang anak sehingga orang tua bisa mengenal anak mereka lebih baik.

Begitu pula dengan sang anak. Ketika hubungan antaranggota keluarga semakin dekat, mereka akan merasa nyaman.

3. Cara memperingati Hari Keluarga Internasional

15 Mei Hari Keluarga Internasional: Ini Sejarahnyailustrasi keluarga (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk memperingati Hari Keluarga Internasional, PBB selalu memiliki tema terkait keluarga untuk dijadikan pembahasan. Mengutip dari halaman United Nations (UN), pada tahun lalu peringatan hari besar ini dirayakan dengan tema "Families and New Technology".

Tema ini dipilih karena masyarakat semakin erat dengan teknologi, terutama di masa pandemi ini, yang mana kegiatan yang dilakukan sehari-hari melibatkan penggunaan internet dan di sini, orang tua berperan penting dalam membimbing sang anak saat berselancar di internet.

Selain itu, banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama anggota keluargamu agar peringatan Hari Keluarga Internasional menjadi lebih spesial dan hubungan dengan anggota keluarga menjadi lebih erat.

Pertama kamu bisa melakukan aktivitas yang sifatnya gotong royong, seperti membersihkan rumah dan berkebun. Hal ini akan melatih kekompakan dan kerjasama antar anggota keluarga.

Selanjutnya, kamu bisa makan malam bersama. Kegiatan ini mungkin terdengar biasa saja, namun dengan berkumpul dan meluangkan waktu bersama-sama, banyak hal yang bisa kamu bicarakan, mulai dari hal yang sederhana sampai hal yang bahkan belum pernah kamu bahas.

Jika kegiatan makan malam belum cukup, kamu bisa melanjutkan aktivitas interaktif lainnya seperti bermain permainan bersama. Bermain permainan bersama anggota keluargamu bisa membantu mengurangi penat yang kamu rasakan akibat bekerja dan belajar terlalu lama.

Itu dia informasi seputar Hari Keluarga Internasional dan sejarahnya. Ketika kamu dan anggota keluarga lainnya memiliki kesibukan satu sama lain, maka cara terbaik untuk menghabiskan waktu bersama adalah dengan memanfaatkan hari ini dengan baik, ya!

Baca Juga: 5 Tips Perbaiki Keadaan Keluarga yang Kurang Rukun dan Harmonis

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya