Comscore Tracker

7 Manfaat Ayat Kursi dan Keutamaannya Sehari-hari

Rumah yang dibacakan Ayat Kursi akan mendapat keberkahan

Jakarta, IDN Times - Ayat Kursi merupakan salah satu ayat Al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan. Ayat Kursi adalah bagian dari surat Al-Baqarah yakni ayat ke 255 dari surat tersebut. Mungkin sebagian dari kita sudah familiar Ayat Kursi berfungsi untuk mengusir setan dan hal-hal mistis yang ada di sekitar. Namun, ternyata Ayat Kursi memiliki keutamaan lebih dari itu.

Dikutip dari nu.or.id, rumah yang didalamnya dibacakan Ayat Kursi akan mendapat keberkahan, bahkan juga rumah-rumah di sekitarnya, sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat Ath-Thabrani:

"Siapa saja yang membaca ayat Kursi setiap usai salat, maka tidak ada yang mencegahnya masuk surga kecuali kematian. Dan siapa saja yang membacanya tatkala mulai berbaring (tidur), maka Allah akan memberi keamanan kepada rumahnya, rumah tetangganya, dan rumah-rumah lain di sekitarnya,” (HR. Ath-Thabrani).

Dalam riwayat lain disebutkan, "orang yang membaca Ayat Kursi setiap selesai salat fardu, maka kedudukan orang itu seperti orang yang berperang membela para nabi Allah hingga gugur syahid." (HR. Ibnu As-Sunni).

Ayat Kursi salah satunya berisi tentang keesaan dan kekuasaan Allah SWT yang bersifat mutlak. Setiap ayatnya mengandung banyak manfaat dan keutamaan. Berikut manfaat Ayat Kursi dan keutamaannya yang harus kamu tahu.

Baca Juga: 4 Sunah Rasulullah Sebelum Tidur Agar Terhindar dari Bahaya

1. Mendapat perlindungan dari Allah SWT

7 Manfaat Ayat Kursi dan Keutamaannya Sehari-hariIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Manfaat membaca Ayat Kursi yang pertama yaitu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Manfaat membaca Ayat Kursi bisa kita rasakan ketika membacanya di waktu salat subuh dan salat ashar.

Allah akan menjaga kita dari hal-hal negatif seperti godaan setan, kejahatan manusia atau jika kita sedang berada di alam bebas maka akan dijaga dari gangguan binatang buas. Tentunya atas izin Allah SWT kita akan dijauhkan dari hal-hal negatif tersebut.

2. Dijaga 2 malaikat selama tidur

7 Manfaat Ayat Kursi dan Keutamaannya Sehari-hariIlustrasi Malaikat. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selanjutnya, bagi kita yang mengamalkan Ayat Kursi sebelum tidur, Allah SWT akan memerintahkan dua malaikat untuk menjaga kita selama tidur hingga bangun.

Abdurrahman bin Auf, salah seorang sahabat Nabi, menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW saat masuk ke dalam rumahnya akan membaca Ayat Kursi ke empat penjuru rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menjadi penghalang dan dinding dari gangguan setan.

Baca Juga: Mengenal Malaikat Izrail, Malaikat Pencabut Nyawa Semua Makhluk

3. Dimudahkan untuk mencerna dan memahami sesuatu

7 Manfaat Ayat Kursi dan Keutamaannya Sehari-hariIlustrasi Mengaji (IDN Times/Sunariyah)

Keutamaan ketiga mengamalkan Ayat Kursi yaitu akan dimudahkan untuk memahami sesuatu.

Ketika kita sering mengamalkan Ayat Kursi, maka akal dan pikiran kita akan menjadi lebih mudah paham, dan lebih mudah dalam mencerna pengetahuan baru yang sebelumnya kita tidak mengerti sama sekali.

Baca Juga: Begini Cara Memperlakukan Sobekan Mushaf Al-Qur'an

4. Dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT

7 Manfaat Ayat Kursi dan Keutamaannya Sehari-hariIlustrasi Al-Qur'an (IDN Times/Besse Fadhilah)

Keutamaan keempat, yaitu dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT. Hal tersebut banyak dipercaya dan diamalkan oleh orang-orang soleh.

Selain mendatangkan dan dilimpahkan rezeki oleh Allah, banyak hikmah yang bisa kita dapat dari mengamalkan Ayat Kursi setiap harinya.

5. Terhindar dari segala kejahatan

7 Manfaat Ayat Kursi dan Keutamaannya Sehari-hariIlustrasi Kisah Nabi (IDN Times/Aditya Pratama)

Membaca Ayat Kursi sebanyak 12 kali pada hari mulia yaitu hari Jumat, dipercaya akan membuat kita terhindar dari segala kejahatan, baik itu kejahatan dari manusia, hewan, maupun gangguan setan.

6. Mendapat kasih sayang Allah SWT

7 Manfaat Ayat Kursi dan Keutamaannya Sehari-hariJemaah umrah melakukan tawaf mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram (IDN Times/Mela Hapsari)

Orang yang senantiasa membaca Ayat Kursi di dalam kegiatan sehari-harinya, akan senantiasa selalu mengingat Allah SWT. Orang yang selalu mengingat Allah akan dicintai oleh Sang Maha Kuasa.

7. Dijaga saat dalam perjalanan

7 Manfaat Ayat Kursi dan Keutamaannya Sehari-hariFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Selanjutnya, keutamaan membaca Ayat Kursi yakni dijaga saat dalam perjalanan, baik darat, udara, maupun laut.

Allah SWT akan menugaskan malaikat untuk melindungi setiap orang yang melakukan perjalan, yang membaca dan mengamalkan Ayat Kursi dalam perjalanannya.

Penjelasan mengenai 7 manfaat Ayat Kursi mungkin bisa menjadi penyemangat kamu dalam mengamalkan salah satu ayat Al-Qur’an yang banyak manfaatnya. Semoga dapat memberikan manfaat dan bisa mempertebal kualitas iman kita lagi.

Penulis: Raga Putra Wiwaha 

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya