Profil Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri

Alexandra akan menjadi pembicara di IMGS by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Alexandra Askandar, atau yang akrab disapa Alexandra, menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. sejak akhir Oktober 2020.

Meskipun Alexandra Askandar menempati posisi baru, tetapi ia bukanlah bankir baru di Bank Mandiri. Jabatan terakhir perempuan kelahiran Medan, 9 Januari 1972 ini adalah Direktur Corporate Banking. 

1. Sudah berkarya di Bank Mandiri sejak tahun 2000

Profil Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank MandiriAlexandra Askandar, Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri. (Dok. Srikandi BUMN).

Sebelum menduduki posisi sebagai Wakil Direktur Utama, Alexandra Askandar pernah menjabat sebagai Direktur Corporate Banking pada 2019-2020. 

Alexandra Askandar juga pernah menjadi Direktur Hubungan Kelembagaan pada 2018-2019 Bank Mandiri. Ia mengawali karirnya sebagai Assistant Vice President dan melanjutkan sebagai Vice President di Coporate Banking hingga tahun 2008.

Baca Juga: Aset Bank Mandiri Jadi yang Paling Jumbo, Tembus Rp1.786 Triliun

2. Punya passion tinggi untuk membesarkan Corporate Banking Bank Mandiri

Profil Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiriilustrasi Bank Mandiri (IDN Times/Besse Fadhilah)

Memiliki passion yang tinggi untuk membesarkan Corporate Banking Bank Mandiri, Alexandra Askandar terus melanjutkan karirnya hingga menduduki posisi Senior Vice President di Corporate Banking dari tahun 2009-2016. 

Kemudian, lulusan sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia dan MBA dari Boston University (Amerika Serikat) ini menjadi Senior Executive Vice President selama 2 tahun kemudian. Bahkan, pada periode 2011 - 2018, ia juga pernah menjabat sebagai Komisaris PT Mandiri Sekuritas.

3. Salah satu sosok cemerlang di dunia perbankan Indonesia

Profil Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank MandiriGedung Bank Mandiri (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dikutip dari Srikandi BUMN, Minggu (25/9/2022), Alexandra Askandar termasuk salah satu srikandi kebanggaan Indonesia yang dapat merepresentasikan perempuan di jajaran Direksi Bank Mandiri sejak 2018.

Ia mengikuti jejak sang ayah, Askandar, yang merupakan bankir senior Indonesia. Sebagai bankir, Alexandra Askandar termasuk salah satu sosok cemerlang di dunia perbankan Indonesia.

Bahkan, Menteri BUMN RI, Erick Thohir, menilai Alexandra Askandar merupakan salah satu talenta srikandi terbaik yang dimiliki BUMN saat ini. 

Baca Juga: Kolaborasi BUMN-Startup, Erick Thohir Luncurkan BUMN Startup Day 2022 

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya