Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN Siang Ini

Pelantikan Megawati digelar di Istana Negara

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) siang ini. Salah satu nama yang masuk jajaran  adalah Megawati Soekarnoputri. Ia didapuk sebagai ketuanya.

"(Pelantikan) Dewan Pengarah BRIN dan anggota," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangannya, Rabu (13/10/2021).

1. Megawati akan dilantik pukul 13.30 WIB

Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN Siang IniKetua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ketika memberikan sambutan "Sarasehan Nasional Indonesia Muda Membaca Bung Karno" pada Selasa, 29 Juni 2021 (Tangkapan layar Megawati Institute)

Pelantikan Dewan Pengarah BRIN ini akan dilakukan pukul 13.30 WIB di Istana Negara. Heru sendiri tidak mengungkapka lebih jauh siapa nama-nama Dewan Pengarah BRIN.

Namun, ia memastikan, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bakal dilantik sebagai ketuanya. "Iya (Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN)," ujarnya.

Baca Juga: BRIN Ungkap Asal Paracetamol di Teluk Jakarta, Biota Laut Terancam!

2. Tahun ini BRIN menjadi lembaga sendiri setelah Kemenristek dilebur dengan Kemendikbud

Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN Siang IniIlustrasi Riset (IDN Times/Arief Rahmat)

BRIN didirikan pada 2019 menyusul Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pada awalnya, BRIN dipimpin oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Namun, tahun ini Jokowi melebur Kemenristek dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga, BRIN pun berdiri menjadi lembaga sendiri.

3. BRIN dipimpin oleh Laksana Tri Handoko

Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN Siang IniIDN Times/Candra Irawan

Jokowi menunjuk Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN. Handoko merupakan Kepala LIPI sejak 31 Mei 2018. Saat itu ia dilantik oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Selain menjadi kepala LIPI, Handoko juga aktif sebagai dosen di Universitas Indonesia. Mengutip profil LinkedInnya, pria kelahiran 1968 ini sudah menjadi dosen sejak 2002. Ia memulai karier sebagai peneliti pada 1987 di Pusat Penelitian Fisika.

Baca Juga: Megawati Jadi Dewan Pengarah BRIN, Sekjen PDIP: Dia Penggagasnya

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya