Comscore Tracker

Jokowi: Lonjakan Kasus COVID-19 Membuat Kita Harus Bekerja Lebih Keras

Jokowi minta masyarakat disiplin protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia ini membuat pemerintah dan masyarakat bekerja lebih keras lagi untuk mengatasinya. Hal itu dilakukan agar penularan virus corona bisa berkurang di Tanah Air.

"Lonjakan kasus penularan COVID-19 yang terjadi di beberapa daerah membuat kita harus bekerja lebih keras lagi untuk mengendalikan pandemi ini. Selain kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di berbagai daerah, pemerintah menggenjot pelaksanaan vaksinasi massal untuk mengejar kekebalan komunal terhadap COVID-19," tulis Jokowi di akun Instagram-nya, @jokowi, Senin (21/6/2021).

1. Jokowi sebut pemerintah akan kejar terus hingga 1 juta vaksinasi per hari

Jokowi: Lonjakan Kasus COVID-19 Membuat Kita Harus Bekerja Lebih Kerasilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Jokowi menyampaikan, pemerintah akan terus menggenjot program vaksinasi. Bahkan, ia menuturkan, pada Kamis, 17 Juni 2021 lalu, target vaksinasi mencapai angka 716 ribu per hari.

"Ke depan, kita akan berusaha mencapai angka satu juta vaksinasi per hari. Dengan koordinasi dan kerja sama yang baik antara Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, dan pemerintah daerah, target tersebut tentu akan kita capai," ujar Jokowi.

Baca Juga: Ngeri! DKI Prediksi Ada 218 Ribu Kasus Aktif COVID-19 pada Agustus

2. Jokowi minta masyarakat untuk menaati protokol kesehatan secara ketat dan disiplin

Jokowi: Lonjakan Kasus COVID-19 Membuat Kita Harus Bekerja Lebih KerasPresiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut Indonesia telah menerima 104.728.400 dosis vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm. Jumlah tersebut, lanjutnya, merupakan bagian dari 426,8 juta dosis vaksin COVID-19 yang telah diamankan pemerintah melalui berbagai pendekatan bilateral dan multilateral.

"Seraya berupaya mempercepat program vaksinasi nasional ini, pemerintah berharap masyarakat menaati protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Jangan pernah lalai memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," terang Jokowi.

3. Menkes optimistis target 1 juta vaksinasi per hari tercapai

Jokowi: Lonjakan Kasus COVID-19 Membuat Kita Harus Bekerja Lebih KerasMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Di sisi lain, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin optimistis target vaksinasi 1 juta orang per hari di awal Juli 2021 bisa tercapai. Sebab, pada Kamis, 17 Juni 2021 lalu, target vaksinasi 700 ribu orang per hari sudah tercapai.

“Kami laporkan bahwa angka 716.000 sudah dicapai hari Kamis kemarin. Terima kasih bantuan TNI-Polri. Bapak Presiden sudah kami laporkan dan Bapak Presiden meminta agar kalau bisa awal bulan depan sudah dicapai 1 juta,” kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/6/2021).

Untuk mencapai target vaksinasi itu, Budi mengatakan pihaknya akan terus bekerja sama dengan banyak pihak seperti Pemda hingga TNI-Polri.

“Kami bekerja sama terus, berkomunikasi dengan Bapak Panglima dan Bapak Kapolri, InsyaAllah kita percaya, kita yakin bahwa angka 1 juta vaksinasi per hari kita bisa capai di awal bulan depan sesuai dengan arahan presiden,” ungkap Budi.

 

Baca Juga: Menkes Lapor ke Jokowi soal COVID-19 Makin Merajalela, Apa Responnya? 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya