Tambah 8 Juta Vaksin, Erick Klaim Vaksinasi RI 'Top' di Asia Tenggara

Indonesia telah miliki 92 juta dosis vaksin COVID-19

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 8 juta dosis vaksin Sinovac tiba di Indonesia hari ini, Senin (31/5/2021). Vaksin tahap ke-14 yang tiba di Bandara Soekarno Hatta ini adalah vaksin jenis bulk (bahan), yang  akan diproduksi Bio Farma.

Dengan kedatangan vaksin ini, sehingga total vaksin yang sudah diterima di Indonesia sebanyak 92.910.500 dosis, di mana 81,5 juta di antaranya merupakan jenis bulk.

Terkait program vaksinasi di Indonesia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemerintah akan terus meningkatkan program vaksinasi dan juga suplai dosis vaksin.

"Tentu ini akan terus kita tingkatkan apalagi kalau kita lihat dari pada respons perbandingan kita dibandingkan negara-negara Asia Tenggara, kita adalah salah satu negara Asia Tenggara yang vaksinasinya sudah tinggi," kata Erick dalam keterangannya seperti  disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: Kemenkes Klaim Vaksin Sinovac Efektif Cegah Kematian 98 Persen  

1. Erick sebut jumlah vaksinasi di Indonesia masih di bawah Tiongkok dan AS

Tambah 8 Juta Vaksin, Erick Klaim Vaksinasi RI 'Top' di Asia TenggaraKedatangan Vaksin COVID-19 Tahap 14, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Senin (31/5/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Meski begitu, Erick menyebut pemerintah tak berpuas diri. Dia mengakui jumlah vaksinasi di Indonesia masih jauh di bawah Tiongkok dan Amerika Serikat.

"Ini yang harus kita tingkatkan. Karena kita tahu, dengan vaksinasi justru ini membantu kita mencegah dari pada penularan, mencegah dari kematian, dan yang terpenting juga untuk ekonominya sendiri kita bisa mengurangi tadi, pelepasan dari pengurangan tenaga kerja supaya kita bisa mempercepat ekonomi kita balik," kata dia.

2. Vaksinasi merupakan program penting untuk tangani pandemik COVID-19

Tambah 8 Juta Vaksin, Erick Klaim Vaksinasi RI 'Top' di Asia TenggaraKedatangan Vaksin COVID-19 Tahap 14, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Senin (31/5/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Erick menerangkan, pemerintah sejak awal konsisten dengan program Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh. Sehingga, lanjut dia, penanganan pandemik COVID-19 dengan vaksinasi merupakan program penting.

"Vaksinasi, game changer, tetapi vaksinasi tanpa didukung oleh protokol kesehatan oleh masyarakat ini menjadi sesuatu yang tidak bisa sustainability atau berkelanjutan," kata dia.

3. Erick sebut pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini bisa kembali mencapai 5 persen

Tambah 8 Juta Vaksin, Erick Klaim Vaksinasi RI 'Top' di Asia TenggaraErick Thohir memberikan keterangan terkait kedatangan vaksin tahap 14 di Bandara Soetta pada Senin (31/5/2021). (youtube.com/SekretariatPresiden)

Oleh karena itu, Erick berharap, kerja keras pemerintah ini bisa didukung juga oleh masyarakat. Ia juga berharap ekonomi Indonesia bisa tumbuh lagi.

"Prediksi pemerintah tahun ini kita akan mulai tumbuh lagi seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu 4 sampai 5 persen di akhir tahun ini. Kami berharap juga dukungan daripada masyarakat segala golongan, disiplin terhadap protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan," ucap dia.

Baca Juga: 8 Juta Vaksin Sinovac Tiba Hari Ini, Total 83,9 Juta Dosis Diterima RI

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya