Comscore Tracker

Update Gempa dan Tsunami Palu, Korban Meninggal 384, Luka Berat 540

Korban diperkirakan masih bertambah

Jakarta, IDN times - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan tentang kronologi bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di wilayah Donggala, Sulawesi Tengah dan sekitarnya. 

Sutopo menyampaikan saat ini sudah terdata korban meninggal 384 orang, 540 orang luka berat, dan 29 lainnya dilaporkan hilang. Data tersebut ia sampaikan hanya untuk wilayah Palu. Karena sampai saat ini, BNPB belum bisa berkomunikasi dengan tim di Donggala.

1. Sebanyak 384 orang meninggal dunia

Update Gempa dan Tsunami Palu, Korban Meninggal 384, Luka Berat 540ANTARA FOTO/BNPB/pras/18.

Sutopo memperkirakan jumlah korban akibat gempa di Donggala dan sekitarnya akan terus bertambah. Di Palu saja, sudah terdata sebanyak 384 orang meninggal dunia.

"Di mana tersebar di Wirabuana Palu 10 orang, RS Masjid Raya 50 orang, RS Bhayangkara 161 orang, di Desa Pantoloan Induk itu ditempatkan semacam ada tempat 20 orang. Di Kelurahan Kayumalue Pajeko dua orang, dan RS Undata Mamboro Palu 141 orang meninggal dunia," terang Sutopo di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (29/9).

Baca Juga: Sutopo: Korban Jiwa Akibat Tertimpa Bangunan dan Tersapu Tsunami

2. Sebanyak 540 orang luka berat, dan 29 lainnya dinyatakan hilang

Update Gempa dan Tsunami Palu, Korban Meninggal 384, Luka Berat 540IAIN Palu setelah gempa/Foto Prof Azyumardi Azra

Selain itu, kini sudah terdata juga terdapat 29 orang dinyatakan hilang. Ke-29 orang tersebut berasal dari Kelurahan Pantoloan Induk, Kota Palu. Untuk korban luka-luka kini yang sudah terdata 540 orang.

"Sedangkan luka berat 540 orang. Sebaran dari korban luka berada di RS Woodward Palu 28 orang, RS Budi Agung Palu 114 orang, RS Samaritan Palu 54 orang, RS Undata Mamboro Palu 160 orang, RS Wirabuana 184 orang," lanjut Sutopo.

Ia memperkirakan jumlah korban akan terus bertambah di wilayah Palu, mengingat tim SAR gabungan tengah melakukan proses evakuasi.

3. Dari 384 orang meninggal, Polri berhasil mengidentifikasi 46 orang

Update Gempa dan Tsunami Palu, Korban Meninggal 384, Luka Berat 540ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pd/18

Menurut Sutopo, saat ini tim DVI Polri tengah melakukan identifikasi korban-korban akibat gempa dan tsunami di Palu. Menurut dia, baru sebagian yang berhasil diidentifikasi tim DVI Polri.

"Belum semuanya korban yang ditemukan diidentifikasi di rumah sakit. Tim DVI Polri masih terus melakukan identifikasi. Baru sebagian dari 384, tadi dilaporkan baru sekitar 56 orang yang berhasil diidentifikasi Polri," kata dia.

Ikuti berita-berita terkini akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala ya guys.

Baca Juga: Begini Kronologi Gempa dan Tsunami di Donggala dan Palu

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya