Moeldoko Laporkan Tempo ke Dewan Pers soal Berita Mobil Listrik

Moeldoko sebut majalah Tempo arogan

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, menyampaikan keberatannya melalui Dewan Pers terkait pemberitaan yang dipublikasikan Majalah Tempo.

Keberatan tersebut berkaitan dengan konten Opini Tempo edisi 24 Desember 2024 dengan judul cover "Beking Mobil Listrik Wuling", lengkap dengan gambar Moeldoko dan Mobil Wuling di sampul majalah.

"Siang ini saya mengadukan keberatan saya lewat Dewan Pers, agar kasus ini bisa diselesaikan. Karena saya tahu, masyarakat sangat berharap Tempo tetap menjadi media yang kritis seperti dulu yang kita kenal," kata Moeldoko saat menyambangi Kantor Dewan Pers di Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2023).

Moeldoko merasa cover Majalah Tempo dan opini yang mereka hasilkan tergolong arogan, bahkan cenderung brutal dan tendensius. Menurutnya, majalah Tempo telah kehilangan independensinya.

"Majalah Tempo dengan sangat gamblang mengarahkan agar hanya ada satu bentuk charging di Indonesia, dan membuat opini agar menolak jenis charging lain yang saat ini digunakan oleh puluhan ribu pengguna kendaraan listrik di Indonesia," ujar mantan Panglima TNI itu.

Moeldoko memastikan tidak pernah menggunakan jabatan ataupun kekuasaan untuk menekan lembaga lain di pemerintahan, agar menuruti kemauan Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo).

"Toh, saat ada anggota Periklindo yang belum diakomodir kepentingannya termasuk puluhan ribu konsumennya, saya sebagai Ketua Periklindo menyurati kementerian terkait, karena saya taat pada tertib administrasi," ujar Moeldoko.

Baca Juga: Deretan Mobil Listrik yang Dirilis Sepanjang 2023

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya