Jokowi Ulang Tahun ke-60, Prabowo Unggah Foto Lawas Bersama Jokowi

Selamat ulang tahun, Bapak Presiden

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berulang tahun yang ke-60 pada hari ini, Senin (21/6/2021). Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengucapkan selamat ulang tahun kepada Jokowi melalui akun Instagramnya dengan mengunggah dua foto lawasnya bersama Jokowi.

"Selamat Hari Ulang Tahun yang ke 60 Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Semoga terus diberikan kesehatan, kesuksesan, dan keberkahan. Aamiin YRA," tulis Prabowo dikutip dari caption foto yang ia unggah di Instagram, Senin (21/6/2021).

Baca Juga: Jokowi Ulang Tahun ke-60, Istana: Tak Ada Perayaan 

1. Foto semasa kampanye Pilgub 2021

Dalam foto tersebut, terlihat Jokowi menggunakan kemeja kotak-kotak yang ia kenakan saat kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2012 lalu dan Prabowo yang mengenakan baju safari dengan foto yang diberi efek hitam putih. 

Pada foto pertama, Jokowi dan Prabowo tampak sedang berada di pasar melihat-lihat keadaan. Sedangkan foto kedua menunjukkan Jokowi dan Prabowo sedang duduk dan Prabowo yang terlihat seperti memegang secangkir kopi hitam.

2. Masa kecil Jokowi

Jokowi Ulang Tahun ke-60, Prabowo Unggah Foto Lawas Bersama JokowiPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (31/10/2020). ANTARA FOTO/Biro Pers/Rusman/Handout

Presiden Jokowi berasal dari keluarga sederhana di Solo. Ayahnya bernama Widjiatno Notomihardjo dan ibundanya bernama Sudjiatmi. Jokowi adalah anak pertama dan putra satu-satunya dari empat bersaudara.

Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso yang dikenal sebagai sekolah untuk kalangan menengah ke bawah. Sejak kecil, ia terbiasa berjuang dan bekerja keras untuk mencari uang jajan sehari-hari. Bahkan ia mulai bekerja sebagai penggergaji di umur 12 tahun.

Setelah lulus SD, Jokowi kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 6 Surakarta.

Baca Juga: Jokowi: Relawan Jokowi Itu Seksi, Bisa Antar Saya Presiden 2 Periode

3. Jejak karier Jokowi, dari wali kota hingga jadi presiden

Jokowi Ulang Tahun ke-60, Prabowo Unggah Foto Lawas Bersama JokowiPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pada Pilkada Kota Solo tahun 2005, Jokowi diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju sebagai calon wali kota Solo. Ia berhasil memenangkan pemilihan tersebut dengan persentase suara sebesar 36,62 persen. Ia lalu kembali terpilih sebagai Wali Kota Surakarta atau Solo pada 2010.

Pada 2012, Jokowi diminta secara pribadi oleh Jusuf Kalla untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub DKI. Ia diusung oleh Gerindra dan PDIP bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pada 29 September 2012, KPUD DKI Jakarta menetapkan pasangan Jokowi - Ahok sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI yang baru untuk masa bakti 2012–2017 menggantikan Fauzi Bowo - Prijanto

Baru 2 tahun menjabat gubernur, Jokowi mengikuti Pilpres 2014 dan keluar sebagai pemenang. Berpasangan dengan Jusuf Kalla, Jokowi berhasil mengalahkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa. Jokowi pun tercatat sebagai Presiden ke-7 RI. Kini pemerintahan Jokowi telah memasuki periode kedua, dan akan berakhir pada 2024 mendatang. 

Baca Juga: Survei: Mayoritas Warga Berpendidikan Tinggi Tolak Jokowi Nyapres Lagi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya