Comscore Tracker

Klaim Bukan Penggagas JokPro 2024, Qodari: Ini Gagasan Rakyat

Jokowi akan menang jika maju tiga periode

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan bahwa dirinya bukan penggagas dari Komunitas Jokowi-Prabowo (JokPro) 2024 melainkan Penasihat JokPro 2024. Ia menyebut bahwa gagasan tersebut merupakan gagasan rakyat. 

"Sebetulnya yang punya gagasan ini adalah rakyat Indonesia. Gagasan ini ada di kepala banyak orang Indonesia itu yang saya yakini," ujar Qodari saat acara Syukuran Sekretariat Nasional Jokowi - Prabowo melalui siaran langsung channel YouTube NAREMAX pada Sabtu (19/6/2021).

Baca Juga: Muncul Deklarasi Relawan JokPro 2024, Istana: Tamparan ke Jokowi

1. Pendukung yang banyak jadi faktor Jokowi menang jabat presiden

Klaim Bukan Penggagas JokPro 2024, Qodari: Ini Gagasan RakyatPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (31/10/2020). ANTARA FOTO/Biro Pers/Rusman/Handout

Menurut Qodari, kemenangan Joko "Jokowi" Widodo menjadi presiden karena dukungan masyarakat. Ia juga menyebut relawan dari mantan Wali Kota Solo ini sangat banyak.

"Bro, sis, mba, mas relawan Jokowi itu amat sangat banyak di Indonesia. Ada yang dikenal, ada yang kurang dikenal dan yang kurang dikenal itu jauh lebih banyak daripada yang dikenal. Setuju bapak ibu sekalian?," ujar Qodari.

"Kalau relawan Pak Jokowi cuma yang dikenal, gak mungkin Pak Jokowi menang," lanjutnya. 

Baca Juga: Jokowi: Relawan Jokowi Itu Seksi, Bisa Antar Saya Presiden 2 Periode

2. PDIP disarankan majukan Jokowi jika ingin menang di 2024

Klaim Bukan Penggagas JokPro 2024, Qodari: Ini Gagasan RakyatKonferensi Pers Ultah PDIP ke-74 dan Rakernas 1 PDIP oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Merespons keenganan Jokowi untuk tiga periode, komunitas JokPro 2024 menilai Jokowi berbicara normatif. Sebab, UU telah mengatur jabatan presiden hanya dua periode.

"Kalau nanti UUD-nya mengatur tiga periode atau dapat tiga periode, saya kira Pak Jokowi tidak akan bisa menolak, apalagi kalau partai-partai politik termasuk PDI Perjuangan (PDIP) meminta beliau lagi untuk maju," imbuh dia.

Qodari menyebut sosok Jokowi akan membuat PDIP berada di atas kertas saat pemilu 2024 mendatang dibanding kandidat lainnya.

3. JokPro 2024 akan melakukan komunikasi dengan masyarakat

Klaim Bukan Penggagas JokPro 2024, Qodari: Ini Gagasan Rakyat

Saat ini, Komunitas JokPro 2024 dikatakan oleh Qodari memiliki tugas dan target untuk melakukan komunikasi kepada masyarakat. Mereka percaya jika komunitas JokPro 2024 diketahui masyarakat, pendukungnya akan sangat besar.

"Selama ini belum ada yang ngomong saja soal pak Jokowi tiga periode apalagi berpasangan dengan Pak Prabowo. Aku yakin dukungannya besar karena apa? Pak Jokowi pendukungnya banyak, Pak Prabowo pendukungnya banyak. Jadi ya banyak yang akan dukung," kata Qodari.

Baca Juga: Relawan JokPro Ingin Jokowi-Prabowo Berpasangan di Pilpres 2024

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya