Kesaksian Aktivis 98 Melihat Reaksi Prabowo dan Wiranto soal Penembakan 4 Mahasiswa

Semoga terungkap secepatnya siapa otak pelakunya

Jakarta, IDN Times - Otak intelektual di balik kerusuhan 12 Mei 1998 yang terjadi di Universitas Trisakti masih menyisakan tanda tanya besar. Banyak pihak menunggu tanggung jawab negara, agar hal tersebut segera dituntaskan.

Salah satunya adalah Jualinto Hendro Cahyono, Ketua Paguyuban Persaudaraan Trisakti (Paperti) 1998 yang sebelumnya merupakan Ketua Senat Universitas Trisakti periode 1997-1998.

Kesaksian Aktivis 98 Melihat Reaksi Prabowo dan Wiranto soal Penembakan 4 MahasiswaIDN Times/Sukma Shakti

Sebagai saksi sejarah yang hadir langsung di tengah kerusuhan saat itu, Hendro menduga, pihak yang memberikan perintah untuk menembak ribuan mahasiswa Trisakti adalah aktor yang memiliki pangkat tinggi di militer, saat itu Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

“Waktu itu memang yang menembaki di depan Trisakti adalah polisi, ada dari Polda Metro Jaya dan ada juga dari Brimob. Masalah perintah dari siapa itu yang mau gue cari tahu, karena perintah itu pasti datang dari bintang empat, gak mungkin dari letnan, kopral, apalagi sersan. Di tambah lagi waktu itu penembakan gak berhenti dari jam 17.00 WIB sampai 21.00 WIB,” kata Hendro saat ditemui IDN Times di Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (2/5).

1. Prabowo mendatangi panggilan Pansus DPR kemudian menangis

Kesaksian Aktivis 98 Melihat Reaksi Prabowo dan Wiranto soal Penembakan 4 MahasiswaIDN Times/Vanny El Rahman

Setelah kerusuhan 12 Mei 1998, Hendro beserta rekan-rekannya membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) dan mendesak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) membentuk Pansus, guna mencari siapa aktor yang memerintahkan insiden berdarah tersebut.

Salah satu aktor yang diduga terlibat dalam kejadian tersebut adalah Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Prabowo Subianto. Setahun kemudian, pada 1999, Prabowo memenuhi panggilan Pansus DPR untuk memberikan kesaksian guna mengungkap oknum negara yang tega melakukan tindakan keji tersebut.

“Sekitar 1999, saya bersama keluarga korban bertemu Prabowo saat dipanggil Pansus DPR. Harus saya akui, Prabowo tiba seperti koboi sangat gentlemen, dia datang seorang diri. Namun saya juga menyayangkan, karena dia gak mau ngakui siapa yang menembak, sambil berlinang air mata,” ungkap Hendro.

Baca juga: Wawancara Khusus Christianto Wibisono: Mengungsi ke AS Pasca Kerusuhan Mei 1998

2. Timur Pradopo menangis bak anak kecil

Kesaksian Aktivis 98 Melihat Reaksi Prabowo dan Wiranto soal Penembakan 4 MahasiswaIDN Times/Vanny El Rahman

Tokoh lain yang turut dipanggil Pansus adalah Timur Pradopo. Waktu kerusuhan, dia menjabat sebagai Kapolres Jakarta Barat. Timur menjadi aktor yang memberi peringatan kepada Hendro saat 15 ribu mahasiswa Trisakti tertahan oleh barikade kepolisian, sebelum tiba di Gedung DPR/MPR.

“Jadi waktu itu massa berangkat dari jam 10 ingin longmarch ke DPR dan tertahan sampai jam 5 sore. Kita terus nego ke Pak Timor, karena ini menjadi sejarah bagi Trisakti. Pak Timur ingetin saya, kalau sampai 17.30 kalian belum bubar, saya ringsek ini semua,” cerita Hendro, meniru percakapan Hendro dengan Timur dua dekade silam.

Selaku petugas keamanan yang mengawasi Trisakti kala itu, Timur turut dipanggil Pansus untuk dimintai keterangan lebih lanjut. “Dengan sedih dia memeluk saya. Ya gue bilang aja, ini bukan masalah saya sama Bapak, ini masalah pelurusan sejarah bangsa. Saya gak mikir bagaimana karir Bapak di polisi, Bapak tinggal sebutin siapa yang  memerintahkan. Ya ujung-ujungnya sama, dia membersihkan mukanya, lalu diam,” kata dia.

3. Wiranto seketika serius saat diminta kesaksian soal kerusuhan 12 Mei 1998

Kesaksian Aktivis 98 Melihat Reaksi Prabowo dan Wiranto soal Penembakan 4 MahasiswaIDN Times/Vanny El Rahman

Memasuki 2003, ketika Wiranto mengutarakan keinginannya untuk mendirikan sebuah partai politik, Hendro menjadi tokoh yang turut dipanggil ke rumahnya yang berlokasi di Bambu Apus, Jakarta Timur. Aktivis 1998 itu ditawari bergabung dengan partai yang dikenal dengan nama Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

“Waktu itu jam tujuh pagi, saya dipanggil mendengar rencana Wiranto yang katanya ingin jadi presiden. Itu saya katakan, 'Sebelum itu, saya ingin tahu dulu Pak, siapa dalang yang nembak-nembakin teman saya ketika kerusuhan? Karena ini tanggung jawab dunia-akhirat saya',” tanya Hendro kepada Wiranto.

Kesaksian Aktivis 98 Melihat Reaksi Prabowo dan Wiranto soal Penembakan 4 MahasiswaIDN Times/Sukma Shakti

“Tiba-tiba langsung serius Pak Wiranto. Dia bilang ‘Dek Hendro, kalau hari ini saya buka di sini, saya tidak akan jadi presiden. Karena musuh-musuh politik saya akan memanfaatkannya’. Ya sudah karena seperti itu akhirnya saya tidak bergabung dengan partainya. Ya kamu (kepada IDN Times) paham kan pernyataan itu. Berarti dia tahu siapa pelakunya,” tutup Hendro.

Menurut kamu, apakah dalang penembakan kepada empat mahasiswa Trisakti akan terungkap? Kita berharap demikian.

Baca juga: Berjuang untuk Anaknya dan Melawan Kanker, Ibunda Korban Trisakti 98 Tutup Usia

 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya