Hasto Sebut Megawati Tak Bisa Hadir Langsung Debat Perdana Capres

Sejumlah ketum parpol koalisi pendukung Ganjar tetap hadir

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menuturkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tak hadir dalam acara debat perdana capres yang digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Namun, ketum parpol lainnya yang tergabung dalam koalisi pendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dipastikan hadir.

"Jadi beberapa ketum akan hadir Bang Oso (Ketum Hanura), Pak Mardiono (Plt Ketum PPP) dan Pak Hary (Ketum Perindo)," kata Hasto di depan Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

"Sementara Bu Mega tidak bisa hadir karena sedang berada di Australia untuk menyaksikan wisuda cucu dari beliau," sambung Hasto.

Sebelumnya, KPU menyatakan debat putaran pertama capres bakal digelar selama 120 menit atau dua jam, yang dibagi menjadi enam segmen. Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyebut dari enam segmen, capres bisa saling menyanggah dalam empat segmen.

"Yang kita utamakan itu interaksi yang paling banyak antar calon. Enam segmen itu, 4 segmen sendiri yang kemudian interaksi langsung antar calon," kata Hasyim di Kantor KPU, kemarin. 

Hasyim mengatakan capres bisa saling sanggah pada segmen kedua, ketiga, keempat dan kelima. Adapun pada segmen pertama khusus untuk penyampaian visi dan misi ketiga capres. Sementara itu, sesi terakhir khusus untuk penyampaian pernyataan penutup tiap capres.

Hasyim menyatakan debat capres akan dipandu dua moderator. Kedua moderator itu akan memandu jalannya acara dan menyampaikan pertanyaan yang telah disusun panelis. Dia  menyebut ada 18 pertanyaan yang akan dilayangkan kepada setiap capres nantinya.

"Semuanya kan dari moderator. Apa-apa yang (menjadi) gagasan panelis. Kalau pertanyaan nanti yang sampaikan moderator," tutur dia. 

Baca Juga: Profil Singkat Dua Moderator Debat Capres 2024 Perdana

Baca Juga: Jelang Debat Capres, Timnas AMIN: Anies Tak Punya Beban Masa Lalu

Baca Juga: Absen di Acara Relawan GenAMIN, Anies Gelar Simulasi Debat Capres 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya