KPU Akan Siapkan Podium di Debat Cawapres

Format debat masih sama, terdiri dari enam segmen

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan akan menyiapkan podium untuk debat calon wakil presiden (cawapres) pada Jumat (22/12/2023).

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menuturkan, podium juga dipakai dalam debat berikutnya. Dari lima kali debat, KPU baru menggelar debat perdana.

Baca Juga: PDIP Usul Capres Cawapres Pakai Podium dalam Debat Berikutnya

1. Pemakaian podium merupakan hasil evaluasi

KPU Akan Siapkan Podium di Debat CawapresIlustrasi debat calon presiden dan wakil presiden jelang pemilihan presiden (pilpres) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasyim mengatakan, pemakaian podium untuk debat itu merupakan masukan dari ketiga tim pasangan calon presiden (capres) dan cawapres.

Dia menuturkan, penggunaan podium menjadi salah satu evaluasi yang dibahas setelah debat perdana capres di KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

"Semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti, kedua sampai seterusnya kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil masing-masing calon presiden maupun calon wakil presiden," kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Baca Juga: KPU Ungkap Isi Surat PPATK: Tak Rinci Asal dan Tujuan Transaksi

2. Format debat tak berubah

KPU Akan Siapkan Podium di Debat CawapresKetua KPU RI Hasyim Asy'ari dan Anggota KPU August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (18/12/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kendati begitu, Hasyim menegaskan, format debat tak berubah. Format debat masih sama seperti debat perdana, terdiri dari enam segmen.

"Segmen pertama adalah penyampaian visi, misi, program kerja oleh masing-masing calon wakil presiden," ungkap Hasyim.

Kemudian, debat dilanjutkan dengan masing-masing cawapres menjawab pertanyaan dari moderator yang sudah dirumuskan oleh 11 panelis pada segmen kedua dan ketiga.

"Segmen keempat dan kelima itu nanti masing-masing calon wakil presiden diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing calon wakil presiden yang lain," tutur Hasyim.

Lalu pada segemen terakhir, para cawapres akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan pernyataan penutup.

Baca Juga: Anies Minta KPU Usut Laporan Transaksi Janggal PPATK di Pemilu 2024

3. Daftar nama panelis dan moderator

KPU Akan Siapkan Podium di Debat CawapresTiga pasangan calon presiden dan wakil presiden saat mengikuti debat capres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Untuk diketahui, tema debat cawapres nanti mengenai ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

KPU juga secara resmi mengumumkan daftar nama panelis dan moderator dalam debat cawapres yang akan digelar pada Jumat. Debat akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB.

KPU menunjuk Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator sebagai moderator debat cawapres. Alfito merupakan Pemimpin Redaksi Detikcom, sementara Liviana ialah pembawa berita dan produser Kompas TV.

"Moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat calon wakil presiden besok tanggal 22 Desember yang pertama adalah Alfito Deannova dari Trans Crop, Kemudian yang kedua adalah Kompas TV, Liviana Cherlisa," kata Hasyim dalam keterangannya di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Hasyim juga memastikan, ada sebelas nama yang dipilih jadi panelis debat cawapres. Jumlah panelis tersebut sama seperti dalam debat capres sebelumnya.

Berikut ini daftar nama panelis debat cawapres 22 Desember 2023:

  1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020)
  2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember)
  3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023)
  4. Fausan Al Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
  5. Handri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia)
  6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN)
  7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM)
  8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025)
  9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro)
  10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
  11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS).

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya