Sirekap Jadi Polemik, KPU: Kita Koreksi, Tak Ada Niat Manipulasi Suara

Sirekap menuai polemik di medsos

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari buka suara soal Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang menuai berbagai polemik.  Sebab, hasil pemungutan suara yang dihimpun di banyak TPS tak sesuai ketika diunggah ke server pusat milik KPU menggunakan Sirekap.

Kesalahan diduga terjadi ketika petugas KPPS memindai hasil suara di formulir C Hasil melalui Sirekap.

Kegaduhan semakin menjadi setelah sejumlah warganet di media sosial menyampaikan berbagai keluhan petugas KPPS yang mengalami kesulitan mengakses dan mengoperasikan aplikasi Sirekap.

Baca Juga: Ragam Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 yang Diunggah Warganet di Medsos

1. Ketua KPU pastikan akan koreksi data yang tidak tepat

Sirekap Jadi Polemik, KPU: Kita Koreksi, Tak Ada Niat Manipulasi SuaraKetua KPU, Hasyim Asy'ari, menanggapi peringatan keras terakhir dari DKPP terkait kasus Gibran Rakabuming. (IDN Times/Amir Faisol)

Hasyim menjelaskan, Sirekap sebagai alat bantu, menampung berbagai hasil perhitungan suara yang terdapat pada formulir C Hasil. Dia tak memungkiri pada praktiknya di lapangan Sirekap membaca formulir C Hasil kurang akurat. Sehingga, hasil pemindaian itu masih perlu dikoreksi.

"Jadi pada prinsipnya, unggahan formulir C Hasil plano yang di TPS tetap kita lanjutkan melalui sirekap. Hanya saja nanti uji konversi-konversi yang kebetulan sistem membacanya kurang akurat atau kurang tepat akan kita lakukan koreksi, supaya sesuai dengan apa yang ada di formulir," kata Hasyim dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

"Pada intinya kami ini di KPU masih manusia-manusia biasa yang sangat mungkin salah, tapi kami pastikan kalau yang salah-salah kami koreksi. Yang paling penting KPU ini enggak boleh bohong dan harus ngomong jujur," sambung dia.

Baca Juga: Bawaslu Temukan Berbagai Masalah Pemungutan dan Penghitungan Suara

2. KPU klaim tak ada niat manipulasi data

Sirekap Jadi Polemik, KPU: Kita Koreksi, Tak Ada Niat Manipulasi SuaraIlustrasi surat suara Pemilu. Senin (29/1/2024). (IDN Times/Cokie Sutrisno).

Hasyim menegaskan, KPU bekerja secara profesional dan tidak ada niatan untuk memanipulasi hasil penghitungan suara di TPS.

"Tidak ada niat manipulasi, tidak ada niat untuk mengubah-ubah hasil suara, karena pada dasarnya formulir C Hasil plano diunggah apa adanya sebagaimana situasi yang diunggah oleh KPPS. Itu bisa kita monitor dan bisa kita saksikan bersama-sama," tutur dia.

Baca Juga: Ramai Quick Count Pilpres-Pileg, KPU Lampung: Timbulkan Kegaduhan

3. Per hari ini pukul 15.50 WIB, KPU himpun hasil penghitungan suara di 43,58 TPS

Sirekap Jadi Polemik, KPU: Kita Koreksi, Tak Ada Niat Manipulasi SuaraSuara Anies-Muhaimin nol di TPS 018 (kiri) dan suara Ganjar-Mahfud nol di TPS 005 (IDN Times/ IG kabarpekanbaru)

Adapun data per hari ini, Kamis (15/2/2024) pukul 15.50 WIB, Sirekap sudah menghimpun penghitungan suara hingga 358.775 atau 43,58 persen dari jumlah total TPS.

"Progresnya adalah yg sudah diunggah 358.775 TPS dari total TPS 823.236, atau setara 43,58 persen," imbuh Hasyim.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya