Korut Diserang Wabah Misterius, 800 Keluarga Dapat Bantuan Kim Jong Un

Wabah baru di Korut menyerang sistem pencernaan

Jakarta, IDN TimesWabah baru mengintai Korea Utara yang baru saja mencatat kasus COVID-19 pada Mei lalu. Diketahui wabah baru yang menyerang penduduk Korea Utara ini merupakan penyakit usus yang belum diketahui penyebabnya.

Menurut laporan Channel News Asia, Korea Utara telah melaporkan bahwa mereka menghadapi penyakit ‘epidemik enterik akut’ selain pandemik COVID-19 selama berminggu-minggu. Pemerintah setempat disebut sedang mencari tahu penyakit baru yang mengincar saluran pencernaan tersebut.

1. Sebanyak 800 keluarga mengidap penyakit usus

Korut Diserang Wabah Misterius, 800 Keluarga Dapat Bantuan Kim Jong UnInfografis Korut diserang wabah misterius. IDN Times/Adit.

KCNA, media pemerintah setempat melaporkan sebanyak 800 keluarga menderita epidemi usus yang masih misterius tersebut.

Menurut laporan yang diperbarui pada Jumat 17 Juni 2022 tersebut, penduduk yang terkena penyakit usus misterius ini berada di Kota Haeju dan Kabupaten Kangryong, Provinsi Hwanghae Selatan.

Pemerintah Korea Utara juga disebut telah menyiapkan obat-obatan, bahan makanan, dan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan untuk pengobatan epidemi.

Baca Juga: Korea Selatan Minta China untuk Mencegah Aksi Provokatif Korea Utara

2. Kim Jong Un minta petugas atasi penyakit usus misterius

Korut Diserang Wabah Misterius, 800 Keluarga Dapat Bantuan Kim Jong UnKCNA via KNS/AFP

Presiden Korea Utara Kim Jong Un telah meminta pejabat kesehatan setempat untuk mencari tahu asal mula penyakit usus misterius tersebut.

“Pemimpin Kim meminta para pejabat untuk memenuhi tugas mereka dalam pekerjaan meringankan kemalangan dan penderitaan rakyat sesegera mungkin,” tutur KCNA.

Menurut pejabat Kementerian Unifikasi Korea Selatan, wabah misterius yang menyerang negara tetangganya itu merupakan penyakit kolera atau tipus. Namun Korea Selatan juga masih memantau perkembangan wabah tersebut di Korea Utara.

Baca Juga: Selain COVID-19, Wabah Lain Muncul di Korea Utara

3. Korea Utara masih dilanda COVID-19

Korut Diserang Wabah Misterius, 800 Keluarga Dapat Bantuan Kim Jong UnKawasan area perbatasan Korea Utara-Korea Selatan. (Twitter.com/lalaIaura)

Selain kemunculan wabah misterius, Korut juga masih harus berhadapan dengan COVID-19.

Menurut catatan Worldometers Selasa (21/6/2022), Korut mengalami penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 18.820 kasus dengan total positif 4.639.930.

Laporan kematian akibat COVID-19 di negara ini sebanyak 73 orang dan kasus aktif sebanyak 31.537.

Topik:

  • Rendra Saputra
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya