Korsel Gelar Parade Militer Akbar Usai 10 Tahun Vakum

Seoul tampilkan ribuan tentara dan armada militernya

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan akan menggelar parade militer terbesarnya dalam satu dekade terakhir di Seoul. Parade akan menampilkan ribuan tentara dan perangkat keras militer terbaru Seoul, seperti rudal permukaan-ke-udara jarak jauh buatan lokal.

Diperkirakan hampir 7 ribu tentara dan lebih dari 340 peralatan militer akan ditampilkan dalam parade militer pada Selasa (26/9/2023).

Puncak parade akan dimulai pada sore hari di jalanan pusat kota Seoul. Acara juga akan menampilkan drone dari komando kendaraan udara tak berawak, yang baru dibentuk dan akan menyoroti aliansi militer Korea Selatan dengan Amerika Serikat (AS) yang sudah berlangsung selama 70 tahun.

Perayaan di pangkalan udara, yang diadakan pada pagi hari, diperkirakan dihadari lebih dari 10 ribu orang, termasuk para veteran Perang Korea 1950-1953 dari 19 negara berbeda beserta keluarga mereka.

1. Seoul peringatkan Pyongyang

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, memperingatkan Korea Utara bahwa rezim negara tersebut akan diakhiri Seoul dan Washington, jika Pyongyang menggunakan senjata nuklirnya.

Yoon juga merayakan aliansi jangka panjang dengan Amerika Serikat (AS) saat memperingati Hari Angkatan Bersenjata. Kedua negara telah mencapai kesepakatan untuk menempatkan nuklir AS di Korea Selatan untuk mencegah agresivitas Korea Utara. 

“Jika Korea Utara menggunakan senjata nuklir, rezimnya akan berakhir karena respons yang luar biasa dari aliansi Korea Selatan-AS,” kata Yoon pada Selasa, dalam pidato yang memperingati 75 tahun berdirinya militer negara.

Ia juga mengecam upaya Pyongyang dalam mengembangkan senjata atom, dan mengatakan bahwa rakyatnya harus menanggung akibat hal tersebut. 

“Obsesi rezim Korea Utara terhadap pengembangan senjata nuklir memperburuk penderitaan rakyat Korea Utara. Rezim Korea Utara harus menyadari dengan jelas bahwa senjata nuklir tidak akan pernah bisa menjamin keamanannya,” kata Yoon, dikutip dari Bnnbloomberg.

Baca Juga: Korea Utara Pamerkan Kim Kun Ok: Kapal Selam Nuklir Taktis

2. Korea Selatan akan pamerkan rudal terbarunya

Diansir Al Jazeera, parade Selasa dimulai dari Seongnam dengan pameran rudal Hyunmoo, pencegat rudal L-SAM, jet F-35 dan pesawat tempur pertama yang dikembangkan di dalam negeri, KF-21.

Hyunmoo merupakan salah satu rudal terbaru Korea Selatan. Para analis mengatakan, rudal tersebut merupakan bagian integral dari rencana Seoul untuk menyerang Korea Utara selama konflik berlangsung.

Perayaan tersebut juga akan menunjukkan penerbangan bersama antara pesawat militer dari Korea Selatan dan AS, untuk memamerkan peningkatan hubungan kedua negara. Lebih dari 300 tentara tempur dari Angakatan Darat Kedelapan, di bawah Pasukan AS di Korea, ikut andil dalam parade tersebut.

3. Parade militer Korea Selatan sempat terhenti saat pemerintahan Presiden Moon Jae-in

Korea Selatan telah mengadakan parade militer setiap lima tahun guna memperingati Hari Angkatan Besenjata. Namun, parade tersebut tidak dilakukan di masa pemerintahan Presiden Moon Jae-in pada 2018. Saat berkuasa, Presiden Moon berupaya untuk memulihkan hubungan Seoul dengan Pyongyang.

Di sisi yang lain, Pyongyang terus mengadakan parade militer di bawah kepemimpinan Kim Jong Un. Pyongyang telah memamerkan rudal berkemampuan nuklir terbarunya yang dirancang untuk menyerang Korea Selatan dan mengirimkan hulu ledak ke daratan AS.

Presiden Biden mendapat pengaruh yang lebih besar di Asia ketika Yoon mulai menjabat sebagai presiden Korea Selatan lebih dari setahun yang lalu. Biden mendukung kebijakan keamanan Korea Selatan, yang membawa Seoul lebih dekat ke Tokyo dan berupaya untuk mengurangi perselisihan antara Korea Selatan dan Jepang.

Baca Juga: Korea Selatan Janjikan Bantuan untuk Ukraina Rp35,2 Triliun

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya