Jokowi Telepon Putin Minta Penjelasan Situasi di Ukraina 

Rusia mengatakan inisiatif percakapan datang dari Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dirinya telah berbicara dengan Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo melalui telepon, Kamis (28/4/2022). Percakapan ini atas inisiatif pihak Indonesia.

Kedua pemimpin membahas interaksi Rusia dan Indonesia serta berbagai aspek kegiatan G20, mengingat Indonesia menjabat presidensi pada tahun ini.

1. Bahas soal Ukraina

Jokowi Telepon Putin Minta Penjelasan Situasi di Ukraina potret Vladimir Putin (thelondonpost.net)

Jokowi dan Putin juga sepakat untuk melanjutkan kontak di masa mendatang.

“Atas permintaan Presiden RI Joko Widodo, Presiden Vladimir Putin membagikan penilaian Rusia terhadap situasi di Ukraina, sehubungan dengan operasi militer khusus yang tengah berlangsung,” tulis keterangan dari Kedutaan Besar Rusia di Jakarta yang diterima IDN Times, Jumat (29/4/2022).

Namun tak dijelaskan secara rinci terkait pembahasan soal G20, mengingat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengaku telah diundang Jokowi ke G20.

Baca Juga: Agen Intelijen Rusia Dilaporkan Tewas di Depan Kedubes Rusia, Jerman

2. Indonesia undang Ukraina ke G20

Jokowi Telepon Putin Minta Penjelasan Situasi di Ukraina Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. twitter.com/ZelenskyyUa

Zelenskyy mengklaim Indonesia diundang untuk datang ke perhelatan G20. Selain itu, Zelenskyy mengucapkan terima kasih atas dukungan kedalutan dan integritas nasional, khususnya posisi yang jelas di PBB.

“Baru saja berbicara dengan Presiden Indonesia Jokowi. Terima kasih untuk dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan juga dibahas. Terima kasih telah mengundang saya ke G20,” tulis Zelensky di akun Twitternya, Rabu (27/4/2022).

3. Bantuan Indonesia untuk Ukraina

Jokowi Telepon Putin Minta Penjelasan Situasi di Ukraina Menlu Retno Marsudi (Dokumentasi Kemenlu)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengaku telah berbicara via telepon dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba. Retno menyatakan kesiapan Indonesia membantu Ukraina dari segi kemanusiaan.

“Saya menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat di Ukraina,” tulis Retno di laman Twitternya, Kamis (28/4/2022).

Dua menlu ini juga sepakat tentang pentingnya membuka kesempatan negosiasi terkait apa yang sedang terjadi saat ini.

“Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung upaya penyelesaian secara damai melalui perundingan,” katanya.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Isi Obrolan Telepon dengan Presiden Ukraina Zelensky

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya