Jokowi Tiba di Washington DC Hadiri KTT ASEAN-AS

Jokowi dan rombongan tiba pada Selasa malam waktu setempat.

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo dan ibu negara Iriana Jokowi tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Kunjungan Jokowi ke AS kali ini adalah untuk menghadiri KTT ASEAN-AS yang akan dimulai besok, waktu setempat.

Jokowi tiba di Washington DC pada Selasa (10/5/2022) pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu (11/5/2022) pukul 08.40 WIB.

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke AS Tanpa Pesawat Kepresidenan, Kenapa? 

1. Sempat transit di Amsterdam

Jokowi Tiba di Washington DC Hadiri KTT ASEAN-ASPresiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelum mendarat di Washington DC, Jokowi beserta rombongan sempat transit di Amsterdam, Belanda. Kedatangannya disambut oleh Duta Besar RI untuk Belanda, Mayerfas.

Saat mendarat di Washington DC, Duta Besar RI untuk AS, Rosan Roeslani naik ke pesawat dan mempersilakan Jokowi beserta Iriana Jokowi turun dari pesawat. Setelahnya di tangga pesawat, kembali Rosan beserta istri menyambut Jokowi dan Iriana.

Presiden dan rombongan kemudian menuju hotel tempatnya menginap, dan akan memulai agenda kerjanya esok hari.

Setibanya di hotel tempatnya menginap, tampak Jokowi dan rombongan disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah tiba lebih awal.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: Ini Agenda Jokowi Selama Hadiri KTT Khusus ASEAN-Amerika Serikat

2. Hadiri KTT ASEAN-AS

Jokowi Tiba di Washington DC Hadiri KTT ASEAN-ASPresiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat (dok. Sekretariat Presiden)

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan Jokowi akan bertemu dengan sejumlah kepala negara ASEAN. Namun, dia tak menjelaskan agenda apa saja yang akan dibahas dalam pertemuan itu.

"KTT ASEAN bertemu dengan kepala negara ASEAN," katanya.

Saat ditanya apakah Jokowi akan melobi sejumlah kepala negara untuk hadir di acara Presidensi G20 di Bali pada November 2022, Heru tak memberi penjelasan.

Baca Juga: Jokowi Bakal Hadiri KTT ASEAN-AS di Washington DC

3. Menlu Retno sempat bertemu dengan Sekjen PBB

Jokowi Tiba di Washington DC Hadiri KTT ASEAN-ASMenteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika berkomunikasi dengan Menlu UEA (www.twitter.com/@Menlu_RI)

Selain mempersiapkan kunjungan Jokowi ke AS, Retno juga menyebutkan dirinya berkomunikasi dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Retno bertemu dengan Sekjen PBB Antonio Guterres dan Presidensi Dewan Keamanan PBB untuk mendiskusikan isu-isu terkait, termasuk situasi di Ukraina, Myanmar dan Afghanistan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya