Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat ke Prabowo

China anggap hubungan dengan RI sangat penting

Jakarta, IDN Times - Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto, setelah dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) memenangkan Pilpres 2024. 

"Saya ucapkan selamat kepada presiden terpilih RI Prabowo Subianto. China dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat secara tradisional, bahwa dengan upaya bersama, perkembangan hubungan bilateral sangat meningkat," kata Xi, dikutip dari Xinhua, Kamis (21/3/2024).

"Rasa percaya politik juga semakin meningkat. Memperdalam sinergi strategi pembangunan dan kerja sama saling menguntungkan," ucap Xi.

1. Siap kerja sama dengan pemerintahan baru Prabowo

Xi menambahkan, ia sangat menantikan perkembangan kerja sama China dan Indonesia dan ia berharap bisa bekerja sama dengan Prabowo nantinya.

"Saya menantikan kerja sama dengan presiden terpilih Prabowo untuk mencapai prestasi yang lebih besar dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama dan memberikan contoh solidaritas dan koordinasi untuk pembangunan bersama," ungkap Xi.

Koordinasi ini dibutuhkan di antara negara-negara besar, sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi kedua bangsa dan dorongan kuat bagi kemakmuran dan stabilitas regional serta global.

Baca Juga: PM Selandia Baru Rencana Lakukan Kunjungan Perdana ke China 

2. Prabowo-Gibran menang pemilu 2024

Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat ke PrabowoPrabowo Subianto mengucap syukur atas hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang memenangkan dirinya bersama Gibran Rakabuming (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memenangkan kontestasi pemilu 2024 dengan meraih 96.214.691 suara, dari jumlah suara sah secara nasional sebanyak 164.227.475 suara.

Prabowo pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia. Ia pun memastikan Prabowo-Gibran akan menjadi presiden dan wakil presiden untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Sekali lagi saya katakan kita dipilih oleh rakyat Indonesia, mandat rakyat Indonesia di tangan kami, tapi kami akan jadi presiden-wakil presiden, pemerintah untuk seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya di Kertanegara, semalam.

3. Berharap seluruh rakyat Indonesia bergandengan tangan

Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat ke PrabowoGibran unggah foto berpelukan dengan Prabowo di Kertanegara (instagram.com/gibran_rakabuming)

Setelah Pemilu ini, Menteri Pertahanan itu berharap masyarakat Indonesia kembali bersatu dan saling bergandengan tangan untuk menyongsong masa depan.

“Pemilu sudah selesai, semua pilihan rakyat harus kita hormati, yang pilih 02,01,03 kita hormat, kita bersatu. Semoga niat baik semua unsur akan terlihat dan perjuangan kita diridoi oleh Tuhan,” ujarnya.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Menang, Erick Titip Mimpi Besar Bawa Indonesia Maju

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya