Putin Ucapkan Selamat ke Prabowo Menang Pemilu 2024

Rusia harap kerja sama terus berkembang dengan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto, yang menurut penghitungan cepat, memenangkan Pemilihan Umum Indonesia 2024.

“Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan Anda dalam pemilihan presiden. Hubungan Indonesia dan Rusia dilandasi oleh tradisi persahabatan yang baik hati dan saling menghormati serta berhasil mengembangkan kerja sama di berbagai bidang,” kata Putin, dikutip dari TASS, Sabtu (17/2/2024).

“Saya mengandalkan dialog konstruktif dengan Anda dan kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu dalam agenda bilateral dan internasional,” lanjut Putin.

1. Sejumlah negara ucapkan selamat ke Prabowo

Putin Ucapkan Selamat ke Prabowo Menang Pemilu 2024Gibran unggah foto berpelukan dengan Prabowo di Kertanegara (instagram.com/gibran_rakabuming)

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga mengucapkan selamat kepada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul di Pilpres 2024 dalam hasil perhitungan sementara. 

Albanese merasa terhormat menjadi pemimpin luar negeri pertama yang hari ini berbicara dengan Prabowo.

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin luar negeri pertama yang hari ini berbicara dengan @prabowo, yang jelas-jelas unggul dalam perhitungan resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia," tulis dia. 

"Sebagai sesama negara demokrasi dan sahabat dekat, Australia menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia karena berhasil menyelenggarakan pemilihan presiden pada tanggal 14 Februari," lanjut dia.

 

Baca Juga: Update Real Count KPU: Prabowo 57,44 Persen, Anies 24,7, Ganjar 17,87

2. Ceko dan Singapura juga ucapkan selamat ke Prabowo

Putin Ucapkan Selamat ke Prabowo Menang Pemilu 2024Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto saat melakukan pencoblosan di TPS 33 Bojong Koneng pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selanjutnya, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang juga mengucapkan selamat kepada Prabowo.

"Lee dan Prabowo membahas keadaan hubungan bilateral yang sangat baik," kata Sekretaris Pers Perdana Menteri, Chang Li Lin.

Chang mengungkapkan, Lee dan Prabowo juga membahas kesepakatan tentang pentingnya mengidentifikasi area kerja sama baru yang saling menguntungkan untuk kedua negara.

Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala melalui akun X pribadinya, @P_Fiala, menuliskan ucapan selamat kepada Prabowo-Gibran.

Dalam unggahannya, Petr juga menyorot perihal kunjungannya ke Tanah Air. Ia lalu mendoakan agar transisi kepemimpinan Presiden Joko Widodo ke Prabowo dapat berjalan baik.

Baca Juga: Gus Miftah Ingatkan Pesan Gus Dur soal Prabowo Subianto

3. Data real count KPU terakhir

Putin Ucapkan Selamat ke Prabowo Menang Pemilu 2024Tiga capres yang berlaga di pemilu 2024. (IDN Times/Aditya Pratama)

Data real count KPU Pilpres 2024 terkini masih menunjukkan keunggulan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam data per 17 Februari 2024 pukul 06.00 WIB di situs pemilu2024.kpu.go.id, Prabowo-Gibran mendapat perolehan suara 43.723.839 atau 57,44 persen.

Sementara itu, pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat perolehan suara 18.802.396 atau 24,7 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh suara 13.600.700 atau 17,87 persen.

Jumlah seluruh perolehan suara itu adalah 523.098 dari 823.236 TPS atau sebesar 63,54 persen.

Hasil tersebut belum menjadi hasil akhir Pemilu 2024. KPU masih akan melakukan rekapitulasi suara hingga 20 Maret mendatang.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya