5 Fakta Kota Tarim di Yaman, Tempat Berkumpulnya Para Wali Allah

Khalifah Abu Bakar mendoakan 3 hal khusus untuk Tarim

Jakarta, IDN Times - Tarim merupakan sebuah kota di Yaman Selatan yang terletak di wilayah Hadramaut. Kota ini dikenal sebagai salah satu kota bersejarah dan diberkahi dengan berbagai keistimewaan.

Kota Tarim sendiri dinamai berdasarkan nama pendirinya yakni Tarim bin Hadhramout bin Saba. Kota ini merupakan ibu kota kerajaan Kinda di masa lampau dan tetap menjadi ibu kota provinsi sampai abad ke-10 masehi.

Tarim juga dikenal sebagai Alghanna, karena banyak taman indah yang ditemukan di dalamnya. Tidak hanya itu, kota bersejarah tersebut juga menyimpan berbagai keunikan lainnya. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Diberkati oleh Abu Bakr Assiddiq

5 Fakta Kota Tarim di Yaman, Tempat Berkumpulnya Para Wali AllahIlustrasi (Unsplash.com/Andrew Svk)

Dilansir Psychlander, sejarawan Arab sepakat bahwa Tarim didirikan pada abad ke empat Hijriah. Penduduk Tarim masuk Islam pada masa awal, ketika delegasi Hadhramaut bertemu Nabi Muhammad di Kota Madinah pada tahun kesepuluh hijriah (631 Masehi).

Tarim disebut sebagai kota Al-Siddiqi untuk menghormati Abu Bakr As-Siddiq, khalifah pertama pascakenabian. Beliau memberkati kota tersebut lantaran warganya yang memihak pada Islam saat perang Ridda terjadi.

Perang Ridda sendiri adalah perang yang dipimpin oleh khalifah Abu Bakar untuk memerangi umat muslim yang murtad atau keluar dari ajaran Islam. Ketika pertempuran terjadi di benteng Al-Nujir, banyak sahabat nabi terluka dan kemudian dibawa ke Tarim untuk perawatan.

Karena itu, Abu Bakr mendoakan Tarim atas tiga keutamaan, yakni dipertahankan hingga akhir zaman, air yang melimpah, dan menjadi pusat ilmu dengan banyak melahirkan para ulama. Beberapa sahabat yang menjadi syuhada bahkan dimakamkan di Pemakaman Zambal di Tarim.

Baca Juga: Yaman Tegaskan Terus Dukung Palestina 

2. Kota pelajar dan tempat para wali berkumpul

5 Fakta Kota Tarim di Yaman, Tempat Berkumpulnya Para Wali AllahPemandangan kota Tarim di Yaman (kibrispdr.org)

Selain Mekkah dan Madinah, Tarim adalah sebuah kota yang diberkahi karena merupakan tempat berkumpulnya para wali Allah. Di kota ini terdapat banyak keturunan nabi Muhammad SAW, sebagaimana dikutip dari Sacred Footsteps.

Atas dasar itu, Tarim kemudian menjadi salah satu destinasi bagi para pencari ilmu agama Islam. Tak heran, kota ini banyak menghasilkan sarjana Islam yang berpengaruh di dunia, misalnya Imam Al-Haddad yakni seorang ahli fiqih.

Tarim juga merupakan tempat bagi Dar al-Mustafa, sebuah lembaga pendidikan terkenal untuk studi Ilmu Pengetahuan Islam dan menjadi tujuan untuk para pelajar dari beberapa negara terutama Indonesia.

3. Memiliki perpustakaan yang menampung ribuan manuskrip

5 Fakta Kota Tarim di Yaman, Tempat Berkumpulnya Para Wali AllahPerpustakaan Al Ahgaf di Tarim (Yatarim.net)

Karena terkenal sebagai kota tujuan penuntut ilmu, maka Tarim pastinya memiliki perpustakaan. Disebutkan bahwa salah satu perpustakaan besar yang dimiliki kota ini adalah perpustakaan al-Ahgaf yang melekat pada Masjid Al-Jame'a.

Perpustakaan tersebut menampung sekitar 5 ribu manuskrip dari berbagai wilayah yang berisi kajian agama, pemikiran para Nabi, hukum Islam, tasawuf, kedokteran, astronomi, pertanian, biografi, sejarah, matematika, filsafat.

Banyak yang merupakan manuskrip berumur ratusan tahun dan sering kali berisi ilustrasi berwarna cerah.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik dari Yaman, Negara Republik di Jaziran Arab!

4. Memiliki sekitar 360 masjid

5 Fakta Kota Tarim di Yaman, Tempat Berkumpulnya Para Wali AllahMasjid Al Mihdaar di Tarim, Yaman (Yatarim.net)

Keunikakan lainnya yang dimiliki kota ini adalah jumlah masjid yang diperkirakan mencapai 360 unit, dilansir laman Yatarim. Jumlah masjid tersebut sebanding dengan jumlah hari dalam satu tahun berdasarkan kalender Islam. 

Beberapa masjid yang paling terkenal akan strukturnya yakni Alw’al, Ajaame, Ba’alawi, Mihdhaar. Masjid-masjid tersebut memiliki bangunan menara dari tanah liat yang tinggi.

Selain itu, ada pula masjid Sirjis, yang berasal dari abad ketujuh masehi. Dari abad ke-17 hingga ke-19 masehi, masjid-masjid ini memainkan peran penting dalam pengaruh keilmuan Islam.

5. Kondisi Tarim di tengah eskalasi konflik Yaman

5 Fakta Kota Tarim di Yaman, Tempat Berkumpulnya Para Wali AllahSumber infografis: Al Jazeera

Dilansir Al Jazeera pada Februari 2022, wilayah provinsi Hadhramaut cenderung aman dari jangkauan konflik antara kelompok Houthi dan koalisi pimpinan Arab Saudi. Konflik yang sudah dimulai sejak 2014 itu hanya berdampak di wilayah sebelah barat Yaman, sekitar ibu kota Sanaa.

Meski begitu, krisis kemanusiaan yang terjadi di hampir seluruh wilayah Yaman juga tidak terhindarkan dari Hadhramaut. Jumlah populasi yang terancam kelaparan berada pada kisaran 30 hingga 40 persen di wilayah itu.

Selain itu, dari sebuah infografis yang diterbitkan Al Jazeera, sumur dan jalur pipa minyak di Hadhramaut berada pada wilayah yang dikuasai oleh milisi al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP). Kendati demikian, serangan ke wilayah tersebut cenderung minim dan hanya difokuskan pada wilayah yang dikuasai Houthi.

Baca Juga: Pejabat Militer Yaman Diduga Dibunuh oleh Houthi di Mesir  

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya