Comscore Tracker

5 Fakta Bubble Eye Goldfish, Ikan Mas Unik dengan Mata Bulat Menonjol

Kamu sudah pernah melihatnya?

Jika berbicara tentang ikan hias, pasti pikiran kita langsung tertuju kepada ikan mas. Ikan mas merupakan salah satu ikan hias yang sangat populer. Ikan ini digemari karena memiliki corak warna tubuh yang cantik sehingga banyak orang menyukainya.

Namun selain memiliki warna yang cantik, ada juga lho spesies ikan dengan bentuk unik, jenis ikan ini mendapat julukan bubble eye goldfish, berikut lima faktanya. 

1. Awal mulanya berasal dari China

5 Fakta Bubble Eye Goldfish, Ikan Mas Unik dengan Mata Bulat Menonjoltinyfreshwateraquariums.com

Ikan mas pada awalnya dikembangakan di negara China, lalu pada tahun 1500-an ikan ini diperdagangkan ke negeri Sakura, Jepang. Memasuki tahun 1600-an, ikan mas ini mulai masuk ke benua Eropa dan tahun 1800-an di Amerika. Untuk budidaya sendiri, ikan mas banyak dikembangkan di Asia, terbukti ada banyak jenis ikan mas yang cantik dan juga unik. 

2. Disebut Bubble eye goldfish karena kedua matanya seperti balon

5 Fakta Bubble Eye Goldfish, Ikan Mas Unik dengan Mata Bulat Menonjolgoldfisho.com

Yang unik dari ikan mas ini adalah bentuk kedua matanya yang bulat dan menonjol seperti balon. Kantung matanya mulai terisi cairan ketika memasuki usia 6-9 bulan. Saat umurnya 2 tahun, mata ikan ini menjadi semakin besar. Ikan ini mampu hidup hingga berusia sekitar 10-15 tahun. Kantung mata yang berisi cairan ini mudah pecah jika diberikan tekanan yang terlalu besar. 

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah Landak Porcupine, Mamalia yang Ditakuti oleh Predator

3. Tidak memiliki sisik di kepala nya

5 Fakta Bubble Eye Goldfish, Ikan Mas Unik dengan Mata Bulat Menonjolaquariumsource.com

Selain matanya yang unik, ikan mas mata balon ini keunikannya semakin bertambah dengan bentuk tubuh yang bulat. Ikan mas mata balon tidak memiliki sisik di kepalanya, juga tidak memiliki gigi. Melansir informasi dari laman National Geographic, ikan ini menghancurkan makanan dalam tenggorokan.

4. Usianya bisa mencapai hingga 20 tahun

5 Fakta Bubble Eye Goldfish, Ikan Mas Unik dengan Mata Bulat Menonjolmicroscopy-uk.org.uk

Meskipun ukuran ikan ini tidak terlalu besar, namun ikan mas mata balon mampu hidup hingga berusia 20 tahun. Ikan ini bisa hidup dalam akuarium, agar ikan ini mampu hidup lebih lama, harus dilakukan perawatan yang rutin. Seperti halnya kebersihan air akuarium, hingga jumlah air yang cukup. 

5. Mampu hidup dalam kondisi apapun

5 Fakta Bubble Eye Goldfish, Ikan Mas Unik dengan Mata Bulat Menonjolwallpaperflare.com

Ikan mas mata balon merupakan salah satu ikan hias yang tidak susah dalam perawatannya. Mereka mampu bertahan dengan perubahan suhu dan pH serta kadar oksigen terlarut yang sedikit. Di dalam akuarium, ikan ini biasanya memakan pelet, atau juga disarankan untuk memasukan tanaman hidup pada akuarium karena ikan menyukainya, jelas dari laman National Geographic

Sangat unik, bukan? Semoga kelestarian dari ikan tersebut bisa selalu terjaga dan terhindar dari kepunahan. 

Baca Juga: 9 Fakta Mencengangkan soal Siput, Punya Kaki dan 14 ribu Gigi

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

feel free to give feedback on my published article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya