Comscore Tracker

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarah

Sayangnya, mereka sudah punah...

Lautan menyimpan banyak hewan laut yang menakutkan sekaligus menakjubkan, sebut saja hiu putih besar, kepiting laba-laba jepang atau paus biru. Namun, gimana lautan di masa prasejarah? Apakah lautan pada masa tersebut sama mengerikan dan menakjubkan seperti dinosaurus di daratan? Dilansir dari Ranker, berikut monster-monster laut pada masa zaman prasejarah yang perlu kamu tahu.

1. Megalodon, hiu terbesar sepanjang masa

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahsmithsonianmag.com

Diperkirakan megalodon memiliki ukuran lebih dari 15 meter. Ukuran rahangnya saja sudah cukup untuk menelan manusia dewasa dengan mudah. Sayangnya, hewan ini diperkirakan telah punah pada 2,6 juta tahun yang lalu atau sama dengan saat manusia pertama ada di bumi.

Pada masanya, megalodon dipercaya memburu paus dengan menyobek ekor dan siripnya. Kepunahan megalodon ini diyakini yang membuat paus sekarang bisa mencapai ukuran luar biasa.

2. Dunkleosteus, ikan dengan gigitan terkuat sepanjang masa

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahearthtouchnews.com

Ikan purba yang hidup pada 400 juta lalu ini diyakini memiliki gigitan terkuat, bahkan mampu menyaingi Tyrannosaurus rex. Dunkleosteus adalah salah satu predator yang ada di puncak rantai makanan. Mereka bahkan memangsa hiu. Dunkleosteus punya panjang 10 meter dengan sisik seperti baju besi tebal.

3. Helicoprion, predator dengan gigi spiral

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejaraheartharchives.org

Helicoprion adalah salah satu hiu yang paling unik sepanjang sejarah. Dari fosil yang ditemukan, hewan ini memiliki satu set gigi spiral. Hiu yang ada pada 300 juta tahun lalu ini kemungkinan harus mengganti giginya secara teratur. Ada perdebatan mengenai bentuk mulutnya yang seperti gergaji. Sementara itu, bisa jadi gigi spiralnya itu ada di dalam tenggorokannya.

4. Mosasaurus, predator prasejarah yang ganas

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahthoughtco.com

Kalau menonton film Jurassic World, mungkin kamu familier dengan monster laut ini. Reptil raksasa laut ini kemungkinan menelan sebagian besar mangsa mereka atau menggigit dan memotongnya terlebih dahulu sesuai dengan ukuran gigi mereka.

5. Liopleurodon, monster reptil laut raksasa

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahfuraffinity.net

Liopleurodon adalah reptil laut raksasa sekaligus salah satu predator paling kejam pada periode Jurassic. Monster laut raksasa ini punya panjang 9 meter dengan gigi yang besar untuk memangsa banyak hewan laut. Diperkirakan reptil ini mampu berenang sangat cepat dan memiliki penciuman tajam untuk mencari mangsa.

Baca Juga: 10 Hewan Laut Raksasa Paling Indah dan Menakjubkan! Mana Favoritmu?

6. Jaekelopterus, kalajengking laut raksasa

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahapexpredators.wikia.com

Jaekelopterus termasuk pemangsa puncak yang hidup 400 juta tahun lalu. Arthropoda ini punya ukuran lebih dari 2,4 meter. Jaekelopterus menyergap mangsanya dengan cakarnya sebelum mencabiknya. Jaekelopterus adalah spesies arthropoda terbesar yang memangsa serangga, arakhnida, lobster, dan kepiting.

7. Livyatan Melvillei, paus raksasa kanibal

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahprehistoric-life.wikia.com

Livyatan melvillei diyakini adalah spesies paus sperma yang memangsa paus balin. Makhluk ini hidup 12-13 juta tahun yang lalu. Ia diperkirakan berukuran sebesar paus sperma modern dan memangsa cumi-cumi besar. Ia memangsa dengan cara menggigit dan menyobek mangsanya.

8. Plesiosaurus, monster laut yang mirip dengan monster Loch Ness

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahdinosaurpictures.org

Plesiosaurus adalah spesies yang tinggal 135 juta tahun yang lalu. Mary Anning, ahli paleontologi terkenal adalah penemu makhluk ini. Meski begitu, Anning sempat dituduh memalsukan fosilnya saat ia bawa ke rekan-rekannya. Namun, nyatanya itu benar-benar fosil asli Plesiosaurus.

9. Stethacanthus, hiu kuno yang luar biasa

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahwalkingpedia.wikia.com

Meski bukan ikan terbesar di laut, hiu aneh ini punya sifat yang unik. Stethacanthus memiliki sirip punggung yang gak biasa. Selain itu Stethacanthus jantan menggunakan siripnya yang berbentuk landasan untuk menarik pasangan. Namun, bisa juga itu digunakan untuk mengintimidasi pemangsanya.

10. Leedsichthys, ikan terbesar yang pernah ada

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahwikimedia.org

Leedsichthys sangat besar sehingga tulang insangnya kadang-kadang keliru dengan tulang Pterosaurus. Meskipun bisa tumbuh hingga 16,8 meter, ukurannya gak membuat mereka jadi pemburu yang hebat. Mereka bertahan hidup dengan memakan makhluk kecil di laut, seperti plankton.

11. Ichthyosaurus, lumba-lumba Jurassic

Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarahnewdinosaurs.com

Penemuan Mary Anning lainnya adalah Ichthyosaurus, reptil laut yang mirip dengan lumba-lumba modern. Ichthyosaurus memiliki sifat tubuh yang mirip dengan makarel dan tuna. Mereka adalah ikan tercepat yang hidup di laut. Itu berkat ekor mereka yang kuat seperti bulan sabit.

Itu tadi monster-monster laut mengerikan yang hidup pada masa prasejarah. Mana yang jadi favoritmu? Sayangnya mereka adalah hewan-hewan yang kini telah punah, sama dengan dinosaurus di daratan.

Baca Juga: Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You