Comscore Tracker

5 Jenis Latihan yang Perlu Dihindari selama Hamil, Bisa Bahaya

Bumil harus lebih selektif dalam memilih latihan

Berolahraga selama hamil memberikan banyak manfaat kesehatan bagi ibu dan bayi, seperti membantu mengurangi sakit punggung, membantu tidur lebih nyenyak, dan menurunkan risiko diabetes gestasional.

Aktif secara fisik saat hamil juga dipercaya dapat memberikan dorongan untuk kesehatan otak dan jantung bayi. Namun, ada beberapa latihan yang harus dihindari selama kehamilan mengingat kondisi perempuan saat hamil tidak sama dengan hari-hari biasanya.

Sebagai calon ibu baru, kamu mungkin merasa bingung dalam menentukan olahraga saat hamil yang aman. Untuk menjawab kebingunganmu, inilah daftar latihan yang perlu dihindari saat hamil, dirangkum dari Nourish Move Love dan WebMD.

1. Pull-up

5 Jenis Latihan yang Perlu Dihindari selama Hamil, Bisa Bahayailustrasi pull0up (unsplash.com/GMB Fitness)

Pull-up adalah latihan kekuatan tubuh total yang efektif. Akan tetapi, latihan ini sebaiknya dihindari bagi perempuan yang sedang hamil karena beberapa alasan:

  • Pull-up membutuhkan banyak keterlibatan otot inti. Artinya, berat tambahan dari perut yang semakin besar membuat pull-up jauh lebih sulit. Dan keterlibatan inti yang diperlukan untuk melakukan pull-up dapat menempatkan perempuan hamil pada peningkatan risiko diastasis recti (kondisi saat otot-otot besar di perut terpisah);

  • Pull-up adalah latihan yang sangat menantang. Yang berarti kamu sering menahan napas untuk menyelesaikan pull-up yang merupakan sesuatu yang sepatutnya kamu hindari selama latihan kehamilan.

Dibandingkan pull-up, pull-down adalah pilihan yang bagus untuk perempuan hamil. Selain itu, ada beberapa latihan punggung lain yang juga aman untuk ibu hamil, seperti: dumbbell back flies, single and double arm dumbbell back row, dan TRX rows.

2. Berbaring telentang

5 Jenis Latihan yang Perlu Dihindari selama Hamil, Bisa Bahayailustrasi berbaring (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tidak apa-apa untuk berbaring telentang selama beberapa menit. Namun, latihan yang melibatkan berbaring telentang untuk jangka waktu yang lama dilarang bagi ibu hamil setelah bulan keempat. Alasannya, semakin beratnya rahim bisa menekan pembuluh darah utama dan membatasi sirkulasi darah untuk ibu dan bayi.

Hindari pose yoga, crunch, dan aktivitas lain yang mengharuskan kamu berbaring telentang lebih dari beberapa menit. Sebab, pada gilirannya, ini bisa membuat kamu merasa mual, pusing, dan sesak napas.

Baca Juga: Sederhana, 10 Cara Mudah Cegah Infeksi pada Ibu Hamil

3. Crunches

5 Jenis Latihan yang Perlu Dihindari selama Hamil, Bisa Bahayailustrasi crunches (pexels.com/Anna Shvets)

Selama kehamilan, kamu perlu memberi bayi ruang sebanyak mungkin. Karena alasan ini, penting untuk menghindari menekan perut selama kehamilan.

Crunches tradisional menekan dan membatasi ruang gerak bayi sehingga harus dihindari selama kehamilan. Beberapa postur yoga yang melibatkan gerakan memutar juga harus dihindari, seperti twisting chair, twisting crescent, revolved triangle, dan revolved half moon.

4. Plank

5 Jenis Latihan yang Perlu Dihindari selama Hamil, Bisa Bahayailustrasi plank (pexels.com/Marta Wave)

Melakukan plank selama kehamilan bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Selain itu, pada dasarnya kamu perlu menghindari segala jenis latihan yang menyebabkan perut mengalami diastasis recti, seperti plank.

Jika kamu ingin melakukan plank saat hamil, kamu perlu memodifikasi pose ini agar lebih aman. Berikut adalah cara memodifikasi plank selama kehamilan:

  • Berlutut adalah cara terbaik dalam memodifikasi segala jenis latihan berbasis plank. Ini mengurangi banyak tekanan pada otot perut sambil tetap memungkinkan kamu untuk menggunakan otot inti dan otot perut bagian dalam dengan aman

  • Jika kamu perlu modifikasi lebih lanjut, buat posisi merangkak dengan pinggul ditumpu di atas lutut dan bahu ditumpu di atas pergelangan tangan, seperti meja. Dari posisi ini, kamu dapat melakukan cow posture untuk kembali melatih otot perut

5. Latihan yang melibatkan berbaring di atas perut

5 Jenis Latihan yang Perlu Dihindari selama Hamil, Bisa Bahayailustrasi cobra pose (pexels.com/Anete Lusina)

Berbaring tengkurap tidak nyaman begitu perut mulai menonjol. Untuk itu, kamu perlu menghindari segala latihan atau pose yoga yang melibatkan tengkurap atau memberi tekanan langsung pada perut. Contoh latihan ini termasuk pose kobra atau superman.

Namun, kamu bisa mengubah posisi berbaring di atas perut yang aman selama kehamilan:

  • Mirip dengan plank, kamu bisa menggunakan posisi merangkak dengan pinggul ditumpu di atas lutut dan bahu ditumpu di atas pergelangan tangan. Dari posisi ini, kamu dapat melakukan latihan seperti birddog

  • Selain itu, saat perut terus membesar, kamu mungkin harus mengubah latihan seperti push-up, ke posisi miring untuk menghindari menyentuh lantai dengan perut

Olahraga adalah cara yang bagus untuk tetap bugar dan sehat secara emosional selama hamil. Namun, perhatikan latihan yang kamu lakukan dan bersiaplah untuk menghubungi dokter jika kamu merasakan ada yang salah dengan tubuhmu.

Baca Juga: Bikin Gak Nyaman, Begini Cara Mengobati Gatal-gatal untuk Ibu Hamil

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya