Comscore Tracker

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahu

Salah satunya, remisi tidak sama dengan sembuh total

Siapa yang pernah merasa bingung saat mendengarkan penjelasan dokter mengenai kondisi kesehatan atau saat menjelaskan risiko atau penyakit tertentu? Sering kali dokter mengucapkan istilah medis tidak diketahui awam.

Nah, supaya kita lebih mudah memahami penjelasan dokter nantinya, tidak ada salahnya kita mengetahui arti dari berbagai istilah medis. Nah, inilah beberapa istilah medis yang sering digunakan di bidang kedokteran. Yuk, simak!

1. Remisi

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahuilustrasi dokter sedang menjelaskan hasil tes kepada pasien penderita kanker (freepik.com/freepik)

Remisi adalah istilah yang umumnya digunakan untuk menggambarkan kondisi pasien dengan kanker. Berdasarkan keterangan dari National Cancer Institute (NCI), remisi atau remission artinya gejala dan tanda-tanda penyakit kanker berkurang atau hilang.

Dilansir Rosswell Park, istilah remisi berbeda dari sembuh. Ada dua jenis remisi, remisi parsial dan remisi komplet. Yang dimaksud dengan parsial remisi adalah beberapa gejala dan tanda-tanda penyakit kanker hilang, tetapi tidak semua.

Sementara itu, remisi komplet atau no evidence of disease (NED) maksudnya adalah semua hasil tes, pemeriksaan fisik, dan pemindaian seperti CT scan menunjukkan tidak ada gejala dan tanda-tanda penyakit kanker. 

 

2. Metastasis

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahuilustrasi penyebaran sel kanker ke seluruh jaringan tubuh (freepik.com/kjpargeter)

Metastatis adalah istilah lain yang berkaitan dengan penyakit kanker. Menurut keterangan dari American Cancer Society, kanker disebut metastasis apabila penyakit telah menyebar dari organ tubuh pertama tempat sel kanker pertama kali ditemukan, ke organ tubuh yang lain.

Baca Juga: Anti Bingung, Kenali Berbagai Istilah seputar Vaksin COVID-19

3. Hipotensi

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahuilustrasi dokter sedang memeriksa tekanan darah pasien (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Nama lain tekanan darah rendah adalah hipotensi. Mengutip Mayo Clinic, seseorang dikatakan mengalami hipotensi apabila hasil pemeriksaan tekanan darah di bagian atas (sistolik) kurang dari 90 mmHg dan angka di bagian bawah (diastolik) kurang dari 60 mmHg.

4. Polip

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahuilustrasi dokter sedang membahas hasil sonogram pasien wanita (pexels.com/MART PRODUCTION)

Polip adalah sel abnormal berbentuk lingkaran pipih atau bulat kecil yang tumbuh di dalam tubuh. Polip ada yang tidak berbahaya atau jinak, tetapi ada juga yang dapat berubah menjadi kanker.

5. Indeks massa tubuh (IMT)

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahuilustrasi body massa index atau indeks massa tubuh (diabetes.co.uk)

Indeks massa tubuh (IMT) atau body mass index (BMI) adalah nilai untuk mengukur berat tubuh seseorang di dalam kategori normal, kurang, atau berlebihan.

IMT diukur dengan cara membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (m) yang dikuadratkan atau dikali dua. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menghitungnya lewat kalkulator online yang sudah banyak tersedia di internet. Tinggal masukkan angka yang dibutuhkan dan hasilnya akan langsung tertera di layar.

Mengutip National Heart, Lung, and Blood Institute, nilai ukur IMT untuk berat badan normal adalah 18,5 hingga 24,9. Lebih dari 24.9 dikatakan overweight atau kelebihan berat badan, sementara nilai di atas 30 termasuk obesitas.

6. Elektrokardiogram (EKG)

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahuilustrasi gambar hasil tes EKG (pexels.com/Pixabay)

Elektrokardiogram (EKG) adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi apakah ada masalah di organ jantung dan sekaligus untuk memonitor kerja jantung.

Melansir Mayo Clinic, EKG biasanya dilakukan apabila pasien mengalami gejala seperti:

  • Sakit di dada
  • Merasa kebingungan, sakit kepala
  • Denyut nadi berdetak cepat
  • Jantung berdebar-debar
  • Lemas
  • Sesak napas

7. Prognosis

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahuilustrasi anggota keluarga yang memberikan dukungan semangat kepada pasien (freepik.com/rawpixel.com)

Kata prognosis di istilah kedokteran mengacu kepada prediksi apakah kondisi penyakit seseorang akan sembuh, menjadi ringan, atau tidak.

Merangkum sebuah laporan dari Canadian Journal of Surgery tahun 2009, beberapa alasan dokter membicarakan prognosis kepada pasien adalah untuk:

  • Memutuskan apakah perlu dilakukan operasi atau tidak
  • Jika prognosis buruk, maka pasien dan keluarga dapat mempersiapkan diri
  • Menjelaskan prosedur yang akan dilakukan oleh tim medis berikut dengan peluang kesuksesan dan risiko berdasarkan data pasien sebelumnya

8. Fibroid

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahuilustrasi anatomi rahim (pixabay.com/LJNovaScotia)

Fibroid adalah massa yang teksturnya keras, berwarna putih, dan umumnya dijumpai di dinding rahim dan sifatnya non-kanker alias jinak.

Dilansir Fibroid Specialists of University Vascular, fibroid tidak sama dengan polip karena tekstur dari polip adalah lunak, lebih tipis, berwarna merah, serta dapat berdarah ketika disentuh dengan instrumen.

9. Embolisme

Kenali Arti dari 9 Istilah Medis Ini, Awam Juga Perlu Tahuilustrasi anatomi paru-paru manusia (pixabay.com/kalhh)

Embolisme adalah suatu kondisi yang menggambarkan pembuluh darah yang tersumbat karena zat asing seperti gumpalan darah dan gelembung udara.

Berdasarkan keterangan dari National Health Service, embolisme dapat mengakibatkan seseorang terkena serangan stroke atau emboli paru.

Itulah beberapa istilah medis yang sering didengar atau mungkin dilihat dalam laporan medis. Dengan mengetahui artinya, awam jadi lebih mudah dalam memahami hasil analisis kesehatan dan saat mendengarkan penjelasan dari dokter mengenai prosedur pengobatan. Tentunya masih banyak istilah medis lainnya. Bila kamu bingung, jangan malu untuk bertanya, ya!

Baca Juga: 7 Istilah Gaul Kalangan Dokter, Banyak Orang Tak Paham

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @m.w.s.34

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya