Bahas Lingkungan di Samarinda, Anies Kedatangan Tamu Kapal Tongkang

Ada momen unik saat acara Desak Anies di Samarinda

Samarinda, IDN Times - Capres nomor urut satu, Anies Baswedan, menggelar kampanye dialogis bersama anak-anak muda di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (11/1/2024).

Acara kampanye dialogis "Desak Anies" itu digelar di salah satu tempat makan yang berlokasi di tepian Sungai Mahakam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu banyak didesak sejumlah pertanyaan oleh anak-anak muda di Samarinda, salah satunya adalah terkait lingkungan hidup.

Menariknya, ketika Anies menjawab pertanyaan terkait lingkungan hidup, sebuah tongkang yang membawa batu bara melintas di belakang Anies.

Salah seorang peserta yang hadir dalam acara tersebut, bertanya solusi Anies terhadap sektor pertambangan, khususnya batu bara yang ada di Kalimantan Timur tetap menguntungkan, tapi di sisi lain tidak merusak lingkungan.

Menurut Anies perlu ada dibangun sistem yang baik, salah satunya adalah bagi hasil di masyarakat, sehingga kesetaraan dapat terpenuhi.

Di sisi lain, Anies menawarkan transisi menuju energi ramah lingkungan, karena batu bara ketika diolah menghasilkan sebuah residu berupa polusi udara yang mengotori kawasan perkotaan.

Namun, Anies mengingatkan, penerapan transisi energi baru terbarukan tidak bisa dilakukan secara gegabah.

"Transisi menuju energi baru terbarukan (EBT) gak bisa gegabah, kenapa? karena proses transisinya harus dirancang dengan benar," kata Anies menjawab pertanyaan.

Karena itu, Anies berjanji akan meminta pelaku industri dalam sektor batu baru, untuk menyiapkan peta jalan yang baik menuju transisi energi baru terbarukan.

Selain itu, ketika pemerintah akan menerapkan energi baru terbarukan, perlu juga memikirkan para pekerja yang selama ini bekerja di sektor ini, mulai dari sopir truk, hingga sopir kongkang.

"Pergeseran ke energi terbarukan perlu pengganti yang perlu waktu, jadi peta jalannya (road map) harus disiapkan dengan benar," kata dia.

Baca Juga: Jubir Prabowo Sebut Anies Bohong soal Anggaran Rp700 T untuk Alutsista

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya