Cak Imin Respons Munculnya Gerakan Salam 4 Jari, Akui Tak Disengaja

PDIP sebut kubu Anies-Ganjar mulai jalin komunikasi

Yogyakarta, IDN Times - Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menanggapi munculnya gerakan salam empat jari di jejaring media sosial yang disebut-sebut sebagai perlawanan untuk salam dua jari. 

Salam dua jari selama ini diasosiasikan sebagai bentuk dukungan kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut dua, Prabowo-Gibran. Cak Imin mengaku belum tahu pasti gerakan tersebut, tapi yang pasti gerakan terjadi secara organik dan tidak sengajak diorganisir oleh kubu 01 dan 03.

"Gak ada, nggak ada, nggak ada rencana nggak ada niat, pokoknya kita jalan aja dulu, disini kita juga ga ada koordinasi nggak ada juga komunikasi, infonya sama-sama jalan," kata Cak Imin kepada wartawan, dikutip Minggu (28/1/2024).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itue mengatakan, pihaknya akan terus bergerak untuk mengajak masyarakat supaya tidak salah pemimpin pada 14 Februari 2024 nanti.

"Pokoknya kita semua harus terus bergerak apapun cara kalian, mau pake itu mau pake yang lain yang penting kita tidak bisa membiarkan kemungkinan kepemimpinan ini salah," ucapnya.

Baca Juga: Ladeni Luhut, Cak Imin Ajak Cek Hilirisasi Tambang usai Kampanye

1. Munculnya gerakan salam 4 jari dianggap bentuk kepanikan

Cak Imin Respons Munculnya Gerakan Salam 4 Jari, Akui Tak Disengajastatic.promediateknologi.id

Sebelumnya, Koordinator Nasional Relawan Pengurus Negeri dari kubu Prabowo-Gibran menanggapi gerakan tersebut sebagai bentuk kepanikan pihak lawan.

"Ya, bagi kami itu pasti sebagai bentuk kepanikan. Kalau sampai orang sudah berkelompok membuat satu gerakan, melawan satu gerakan masyarakat yang sekarang semakin meningkat, bagi kami itu satu kepanikan dari kubu paslon lain," kata Ketua Koordinator Nasional Relawan Pengurus Negeri Muhammad Pradana Indraputra. 

2. Relawan Prabowo-Gibran konsisten enggan jatuhkan paslon lain

Cak Imin Respons Munculnya Gerakan Salam 4 Jari, Akui Tak DisengajaCalon Presiden RI, Prabowo Subianto, dan Calon Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/TKN Prabowo-Gibran)

Dia mengatakan, relawan muda Prabowo dan Gibran tetap konsisten dengan tidak menjatuhkan paslon lainnya dalam Pemilu 2024 ini.

"Jadi bagi kami, kami sebagai relawan muda Pak Prabowo sama Mas Gibran, kami istiqomah saja, konsisten saja," katanya.

"Kami gak mau menjelekkan paslon lain, nggak mau bikin gerakan negatif apapun, tetap konsisten dengan menyosialisasikan program-program Pak Prabowo dan Mas Gibran, utamanya untuk anak muda," imbuhnya.

Baca Juga: Cak Imin Usul Food Estate Masuk MURI: Tanam Singkong, Panennya Jagung

3. Kubu Anies-Ganjar jalin komunikasi untuk putaran kedua pilpres

Cak Imin Respons Munculnya Gerakan Salam 4 Jari, Akui Tak DisengajaKetua DPR RI Puan Maharani (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui komunikasi antara kubu pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan kubu 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah dilakukan baik secara formal maupun informal.

Kendati demikian, Puan mengatakan, peleburan kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud baru akan dimatangkan setelah pemungutan suara pada putaran pertama yang akan digelar pada 14 Februari 2024 nanti. 

"(Sudah jalin komunikasi) informal dan formal," ujarnya.

Ketua DPR RI itu mengatakan untuk membangun bangsa memang tidak bisa dilakukan sendirian tapi harus dilakukan secara bergotong royong.

"Kami lakukan bagaimana nantinya setelah 14 Februari itu, membangun bangsa itu harus bersama-sama tidak mungkin sendirian," kata dia.

Baca Juga: Cak Imin Klaim Rakyat Protes Jokowi Diduga Tak Netral di Pemilu 2024

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya