Timnas AMIN Soroti Erina Gudono Masuk Bursa Pilkada Sleman

Kubu Anies kembali soroti dinasti politik Jokowi

Jakarta, IDN Times - Nama istri Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Erina Gudono masuk bursa Pilkada Sleman 2024. Juru bicara Timnas AMIN Billy David Nerotumelina menyinggung politik dinasti di klan Presiden Joko "Jokowi" Widodo semakin kencang dilakukan.

Billy mempertanyakan apa motif yang hendak dilakukan Jokowi mengingat hampir semua anggota keluarganya didorong maju dalam pilkada.

"Politik dinasti itu kencang dilakukan bahkan sekarang ini bukan hanya satu-dua tapi hampir semua anggota keluarga akan diisukan terlibat dalam pilkada, itu kita patut mempertanyakan apakah motif di balik itu," kata Billy saat dihubungi, Minggu (17/3/2024).

1. Timnas AMIN tak mau kedewasaan demokrasi Indonesia kembali mundur

Timnas AMIN Soroti Erina Gudono Masuk Bursa Pilkada SlemanIlustrasi petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) (ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso)

Billy tidak ingin bahwa kedewasaan demokrasi Indonesia kembali mundur oleh intrik-intrik politik seperti ini setalah setelah sebelumnya putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming menjadi cawapres pada pilpres 2024.

Ia pun meyakini bahwa cepat atau lambat pertentangan dari publik akan mengemuka di kalangan masyarakat baik dari kalangan profesional atau akademisi.

"Kami tidak ingin kedewasaan demokrasi kita kembali dimundurkan lagi oleh semacam ini," ujarnya.

Baca Juga: Gerindra Klaim Jokowi Tak Cawe-cawe Erina Masuk Bursa Pilkada Sleman

2. PKS tak mau ada lagi kultus Individu baru selain Soeharto

Timnas AMIN Soroti Erina Gudono Masuk Bursa Pilkada SlemanKetua DPP PKS Mardani Ali Sera buka suara usai AMIN keok di Jakarta meski PKS juara. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyayangkan bila Erina Gudono benar-benar maju dalam kontestasi Pilkada Sleman 2024. 

Menurut Mardani alangkah sangat disayangkan bilang Indonesia kembali ke orde baru dengan menciptakan kultus individu baru, khususnya dari klan Jokowi.

"Monggo saja kalau ada yang mau ngajuin tetapi sayanglah janganlah kita bikin kultus individu baru jangan bikin Soeharto baru," ujar dia.

Baca Juga: Erina Gudono Diusung Maju Pilkada, Bobby: Kalau di Medan Saya Coblos

3. Erina Gudono masuk bursa Pilkada Sleman

Timnas AMIN Soroti Erina Gudono Masuk Bursa Pilkada SlemanOutfit Pemilu Paslon 2 (instagram.com/erinagudono)

Diketahui, Partai Gerindra memasukan nama menantu Presiden Jokowi bersama dengan nama-nama kader potensial lainnya maju dalam kontestasi Pilkada Sleman 2024.

"Iya (nama Erina), masuk," kata Ketua DPC Gerindra Sleman HR Sukaptana.

Sukaptana menuturkan, nama Erina masuk ke dalam bursa atas masukan internal partai Gerindra di level daerah serta pusat.

"Nah, DPP itu punya wacana juga, misalkan nama Mbak Erina Gudono dimasukan dalam bursa tersebut. Dari kami mempertimbangkan nanti kan siapa tahu masyarakat oh ini yang muda, yang enerjik," ucapnya.

Dia mengatakan, Erina bakal bersanding dengan kader Gerindra lainnya seperti Lisman Puja Kesuma, Danang Wicaksana Sulistya, dan Sukaptana sendiri. Adapun nama lain di luar kader, ada Mantan Sekda Sleman Harda Kiswaya. 

Menurut dia, lobi-lobi politik sudah berjalan untuk mendekati nama-nama tersebut pada Pilkada Sleman 2024. Kendati ia mengatakan, sampai hari ini belum ada keputusan resmi karena masih dalam tahap penjajakan.

"Ada wacana-wacana, terutama (nama) internal dulu yang diajukan, lalu memandang yang lain. Kira-kira survei nanti masuk atau tidak," tutur dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya