Warga Jagakarsa Keluhkan Kabel Menjuntai, Polisi Turun Tangan

Khawatir memakan korban lagi

Jakarta, IDN Times - Warga RT 5/RW 6 Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan mengeluhkan kondisi penataan kabel fiber optik yang semrawut di wilayahnya.

Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra menilai seharusnya pemasangan kabel yang berada di zona publik agar dibuat rencana tata ruangnya.

“Selain merusak pemandangan, keberadaannya juga sangat membahayakan masyarakat terutama pengguna jalan di daerah itu,” kata dia, kepada wartawan, Senin (7/8/2023).

Baca Juga: Cacat Terjerat Kabel di Jaksel, Mahasiswa Unibraw Ngadu ke Jokowi

1. Masyarakat setempat sangat khawatir

Warga Jagakarsa Keluhkan Kabel Menjuntai, Polisi Turun TanganKabel semrawut di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc).

Multazam mengatakan masyarakat setempat melakukan pengaduan melalui pelayanan polisi 110 karena khawatir dengan keberadaan kabel yang menjuntai di daerahnya. Apalagi di beberapa daerah, kabel menjuntai telah banyak memakan korban bahkan ada yang meninggal dunia.

Ada juga korban lainnya, Sultan Rifat (20) warga Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, yang tersengat kabel fiber optik menjuntai di kawasan Antasari Jakarta. Saat ini, dia masih menjalani perawatan intensif di RS Polri Kramatjati.

Baca Juga: Keluarga Korban Jeratan Kabel Optik Tolak Tawaran Rp2 Miliar

2. Polisi telah koordinasi dengan pihak penyelenggara

Warga Jagakarsa Keluhkan Kabel Menjuntai, Polisi Turun TanganPetugas melakukan pemotongan kabel untuk dipindahkan ke SJUT di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. (tangkapan layar video Dinas Bina Marga DKI Jakarta).

Multazam mengatakan saat ini pihaknya telah menindak lanjuti aduan masyarakat kepada para pihak terkait baik Kelurahan Srengseng Sawah, PLN dan Telkomsel untuk membenahi kondisi kabel yang semrawut di daerah tersebut.

“Kabel terjuntai ke jalan yang terjadi dijalan Srengseng Sawah RT 5/RW 6 Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan, sudah mulai dibenahi untuk diperbaiki,” kata dia.

3. Kabel menjuntai di Jakarta makan korban, bahkan seorang ojol tewas

Warga Jagakarsa Keluhkan Kabel Menjuntai, Polisi Turun TanganInstagram.com/drama_ojol_id

Sebelumnya, kabel menjuntai di Jakarta kembali memakan korban jiwa. Pengemudi ojek online bernama Vadim (38) meregang nyawa setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat terkena jeratan kabel.

Kanit Gakkum Satlantas Wilayah Jakarta Barat, AKP Agus Suwito, menuturkan, peristiwa ini terjadi di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah Jakarta Barat pada Sabtu 29 Juli 2023, dini hari lalu.

“Korban kecelakaan tunggal kena kabel Telkom melintang di tengah jalan," kata dia.

Baca Juga: Kabel Menjuntai Makan Korban, Pakar: Pemprov DKI Harus Tanggung Jawab

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya