Doa Akhir Tahun untuk Menyambut Tahun Baru 2024

Perbanyaklah membaca doa pada pergantian tahun

Jakarta, IDN Times - Pergantian tahun 2023 ke tahun 2024 adalah momen yang ditunggu-tunggu sebagian orang. Sebab, waktu tersebut dikatakan sebagai momen bermuhasabah dan meningkatkan kualitas diri serta membuat resolusi baru yang penuh dengan harapan untuk kehidupan selanjutnya.

Pada pergantian tahun, setiap umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa dan mengingat Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah diterima agar dijadikan pribadi yang lebih baik serta memohon ampunan atas segala perbuatan dan dosa selama satu tahun.

Dikutip dari laman resmi nu.or.id, berikut doa akhir tahun yang dapat diamalkan pada pergantian tahun.

1. Doa akhir tahun

Doa Akhir Tahun untuk Menyambut Tahun Baru 2024Ilustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Berikut doa warid akhir tahun yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Doa akhir tahun ini dibaca sebanyak tiga kali sebelum maghrib.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ 

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm. 

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

2. Doa akhir tahun

Doa Akhir Tahun untuk Menyambut Tahun Baru 2024Ilustrasi berdoa (IDN Times/Mardya Shakti)

Adapun doa tahun baru lainnya yang juga dapat dibaca pada pergantian tahun, berikut bacaannnya.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللهم  مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي السَّنَةِ الْمَاضِيَةِ وَلَمْ تَرْضَهُ، وَنَسِيْتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ، وَحَلُمْتَ عَنِّيْ مَعَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ، وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِيْ عَلَيْكَ،اَللهم  إِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ مِنْهُ فَاغْفِرْ لِيْ.اَللهم وَمَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ وَالْغُفْرَانَ فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ، وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ   

Artinya: “Bismillahirrahmanirrahim. Semoga Allah melimpahkan salawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, amal yang telah aku lakukan pada tahun lalu, namun tidak Engkau ridhai, amal yang telah aku lupakan namun tidak Engkau lupakan, Engkau telah berbuat bijak kepadaku meskipun sebenarnya mampu untuk menghukumku, Engkau menyeru kepadaku untuk bertobat setelah kenekatanku (bermaksiat) kepada-Mu, ya Allah sungguh Aku memohon ampunan kepadamu dari amal itu, maka ampunilah diriku. Ya Allah, dan amal yang telah aku lakukan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan pahala dan ampunan atasnya, maka terimalah amal itu dariku. Jangan engkau putus harapanku kepada-Mu, wahai Zat Yang Maha Mulia, wahai Zat Yang Paling Maha pengasih dari para kekasih. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.”

3. Keutamaan membaca doa akhir tahun

Doa Akhir Tahun untuk Menyambut Tahun Baru 2024Ilustrasi Berdoa. (IDN Times/Aditya Pratama)

Barang siapa yang membaca doa akhir tahun, niscaya akan mendapatkan perlindungan Allah SWT dari fitnah dan tipu daya setan serta memperoleh pengampunan segala dosa sepanjang tahun sebelumnya.

Menurut Kitab Kanzun Najah was Surur, barang siapa yang membacanya tiga kali, maka setan akan berkata, “Aku lelah menyertainya sepanjang tahun dan ia menghancurkan usahaku dalam waktu sesaat saja".

Itulah doa akhir tahun yang dapat diamalkan, semoga di tahun yang baru kita dapat diberikan kerihaan Allah SWT dan selalu dalam lindungan-Nya.

Baca Juga: Doa Istri untuk Suami yang Mencari Nafkah, Pembuka Pintu Rezeki

Topik:

  • Jihad Akbar
  • Wendy Novianto
  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya