Comscore Tracker

Hore! 3 Juta Lebih Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia 

Total vaksin di Indonesia kini mencapai 122 juta dosis

Jakarta, IDN Times - Sebanyak tiga juta lebih dosis vaksin Moderna Amerika Serikat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jawa Barat, Minggu (11/7/2021).

"Alhamdulillah hari ini Indonesia menerima tiga juta enam puluh dosis vaksin Moderna. Ini berkat hubungan kerja sama internasional pemerintah Amerika melalui jalur multilateral," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seperti disiarkan dalam channel Youtube Sekretariat Presiden.

1. Amerika berkomitmen memberikan 4,5 juta dosis

Hore! 3 Juta Lebih Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia Ilustrasi vaksin Moderna (www.news.sky.com)

Retno mengatakan pengiriman vaksin Moderna hari ini merupakan tahap pertama. Amerika telah berkomitmen akan memberikan vaksin secara bertahap.

"Sesuai komunikasi kami dengan rekan kolega di Amerika. Amerika berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin ke Indonesia 4,5 juta dosis," ungkap Retno.

Retno menambahkan BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (UEA) vaksin Moderna pada 2 Juli 2021.

Baca Juga: Vaksin Impor Terdaftar di WHO, Erick: Vaksin Kita Bukan Kaleng-Kaleng

2. Total vaksin di Indonesia capai 122 juta dosis

Hore! 3 Juta Lebih Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia Vaksin Astrazeneca ( ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Retno mengatakan kedatangan vaksin Moderna menambah pasokan vaksin di Indonesia. Saat ini, Indonesia telah mengamankan total vaksin COVID-19 mencapai lebih dari 122.735.260 dosis.

"Baik curah dan vaksin jadi," imbuh Retno.

Rinciannya, vaksin dari Sinovac sebanyak 108.500.000 dosis, AstraZeneca 8.236.800 dosis, Sinopharm 2 juta dosis jadi, dan bantuan AstraZeneca dari Jepang 9.988.000 dosis, dan Moderna 3.000.060 dosis.

3. Tawaran dari berbagai negara

Hore! 3 Juta Lebih Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia (Dok. Kementerian Luar Negeri)

Retno mengatakan pemerintah Indonesia mendapatkan banyak tawaran vaksin dari negara sahabat yakni Jepang Belanda, Inggris, dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Jutaan vaksin dari komersial dan dukungan multilateral akan tiba Juli. Pemerintah akan terus bekerja keras untuk memastikan ketersediaan vaksin untuk masyarakat," jelas Retno.

4. Australia dan Singapura kirimkan bantuan alkes

Hore! 3 Juta Lebih Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia Para buruh bekerja di jalur perakitan untuk memproduksi ventilator di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di pabrik Vsmart Vingroup diluar Hanoi, Vietnam, Senin (3/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kham)

Indonesia juga mendapat bantuan untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan di Indonesia, seperti ventilator, oksigen, dan obat-obatan dan peralatan medis lain dari Singapura dan Australia.

"Hari ini dukungan dari Singapura lewat jalur laut dan akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 14 Juli 2021," imbuh Retno.

Baca Juga: Anggota DPR: Vaksin COVID-19 Berbayar Menyalahi Keputusan Presiden

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya