Comscore Tracker

Usai Viral, Poster Bak Sinetron Milik UI Ditiru Kementerian

Poster sambutan calon mahasiswa baru UI sempat viral

Jakarta, IDN Times - Sempat menjadi buah bibir warganet, kini poster ucapan selamat selamat datang kepada calon mahasiswa baru yang dibuat Universitas Indonesia (UI) ditiru sejumlah kementerian.

Akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan salah satunya. Mereka mengunggah poster yang berisi informasi pelatihan.

Konsepnya, serupa dengan poster milik UI, yakni dengan latar belakangnya langit berwarna biru dengan sedikit gumpalan awannya. Sontak hal ini menuai sejumlah komentar warganet.

"Kok semua poster gini sih berasa ngajak ke surga," ujar salah satu akun warganet.

1. Akun Kemenaker unggah poster mirip UI

Usai Viral, Poster Bak Sinetron Milik UI Ditiru KementerianAkun instagram kemenaker

Tidak hanya Kemnaker, hal serupa juga dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Konsepnya pun sama dengan poster UI yang viral dengan latar belakangnya langit.

Terdapat tiga orang berada di bagian tengah. Tiga orang tersebut terdiri dari satu pria di tengah, serta dua wanita di bagian kanan dan kiri menggunakan kaos berwarna hitam bertuliskan #SobatEnergi.

Di bawah ketiga orang itu tersemat tulisan ‘Souvenir dari Langit', namun kata langitnya dicoret tinta. Pada bagian bawah kata lagit diganti dengan kata IEECCE, yang merupakan singkatan dari Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference and Exhibition.

Unggahan tersebut lantas dikomentari oleh akun UI. “Kaya familiar desainnya min?" tulis akun UI disertai emoji tertawa.

Baca Juga: Viral Pengantin Pria Datang ke Pelaminan Diantar Traktor, Bak Raja!

2. Banyak warganet nyinyir

Usai Viral, Poster Bak Sinetron Milik UI Ditiru KementerianTwitter Kementerian ESDM

Sebelumnya, pada Selasa (15/6/2021), publik dihebohkan poster yang dibuat akun Instagram UI. Warganet menilai poster tersebut memiliki desain yang kurang layak.

Tidak sedikit warganet yang desain poster tersebut seperti desain sinetron azab dan berasa mengajak ke surga. Bahkan kata kunci ‘sekelas UI’ pun sempat trending.

3. UI tanggapi poster viral dengan menggunakan twibbon

Usai Viral, Poster Bak Sinetron Milik UI Ditiru KementerianTwitter UI

Pihak UI tidak lantas berkomentar justru mengunggah beragam informasi untuk mahasiswa baru. Di antaranya terkait tata cara pendaftaran ulang, mekanisme pembebanan biaya pendidikan, tata cara pelaksanaan ujian masuk universitas melalui jalur SIMAK, dan informasi lain.

Namun, tak berselang lama, UI buka suara menanggapi poster viral dengan menggunakan twibbon.

“Atas kritik dan saran netizen, admin kembali menyambut CAMABA UI 2021. Gunakan Twibbon, posting, dan jangan lupa tag UI. Untuk yang belum beruntung di SBMPTN, jangan patah semangat ya. Kami setia menunggu kalian di sini. Semoga tuhan memudahkan semua usaha kalian, emoji tangan menelungkup,” tulis akun official UI di Twitter.

Baca Juga: Viral! Anak SD Seberangi Sungai Bergelantungan, Ini yang Sebenarnya

Topic:

  • Jihad Akbar
  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya