Catat! Ini Tata Cara Urus Surat Izin Keluar Masuk Jakarta saat PSBB

Surat izin akan dikirim melalui email

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai mewajibkan warga Jakarta yang hendak keluar dari wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) atau sebaliknya warga yang akan masuk wilayah ibu kota, untuk membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan, surat izin tersebut bisa didapatkan melalui situs corona.jakarta.go.id/izin-keluar-masuk-jakarta. Kemudian, pemohon akan diarahkan ke laman JakEVO.

“JakEVO merupakan aplikasi pelayanan daring perizinan dan nonperizinan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan sistem satu pintu, yang dapat diakses melalui website jakevo.jakarta.go.id maupun melalui aplikasi mobile phone JakEVO yang dapat di- download di Appstore dan Playstore," ujar Benni.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD DKI: Semoga PSBB Ini Jadi yang Terakhir di Jakarta

1. Syarat bagi warga Jakarta yang ingin keluar wilayah Jabodetabek dan syarat masuk ke Jakarta

Catat! Ini Tata Cara Urus Surat Izin Keluar Masuk Jakarta saat PSBBSejumlah pengendara mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020) (ANTARA FOTO/Rifki N)

Berikut ini adalah syarat lengkap yang harus dipenuhi warga domisili Jakarta untuk bisa mendapat surat izin keluar dan masuk ibu kota:

  1. Pengantar RT dan RW yang menjelaskan aktivitas perjalanan dinas
  2. Surat keterangan sehat
  3. Surat keterangan bekerja dari tempat kerja non-Jabodetabek (untuk perjalanan berulang)
  4. Surat keterangan perjalanan dinas (untuk perjalanan sekali)
  5. Pas foto berwarna
  6. Pindaian (screenshot) KTP

Selanjutnya, syarat lengkap yang harus dipenuhi warga berdomisi di luar Jabodetabek yang ingin keluar dan masuk ibu kota:

  1. Pengantar RT dan RW yang menjelaskan aktivitas perjalanan dinas
  2. Surat keterangan sehat
  3. Surat keterangan bekerja di DKI Jakarta dari tempat kerja (untuk perjalanan berulang)
  4. Surat jaminan dari keluarga atau tempat kerja yang berada di Provinsi DKI Jakarta
  5. yang diketahui oleh Ketua RT (untuk perjalanan sekali)
  6. Pas foto berwarna
  7. Pindaian (screenshot) KTP

Benni menambahkan, agar setiap orang atau pelaku usaha senantiasa menggunakan cara dan/atau dokumen yang Benar dan Sah, dalam mengajukan permohonan perizinan dan nonperizinan melalui aplikasi daring, JakEVO.

Jika terjadi pemalsuan surat atau manipulasi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik, akan dikenakan Pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 6 tahun penjara; dan/atau Pasal 35 dan Pasal 51 ayat 1, UU ITE No 11 Tahun 2008 dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara, dan/atau denda paling banyak Rp12 miliar.

“Seluruh format Surat Pernyataan yang dibutuhkan dalam berkas persyaratan tersebut dapat diunduh pada website corona.jakarta.go.id dan halaman muka JakEVO," jelas Benni.

2. Setelah syarat lengkap, berikut tata cara dapatkan SIKM. Awali dengan isi formulir

Catat! Ini Tata Cara Urus Surat Izin Keluar Masuk Jakarta saat PSBBCara mendapat surat izin keluar masuk (Dok. Humas DPMPTSP DKI Jakarta)

Setelah syarat-syarat lengkap, untuk mendapatkan SIKM, lanjut Benni, pemohon pertama kali harus mengisi data formulir permohonan, mulai dari melengkapi seluruh data identitas pemohon, data penjamin/penanggungjawab hingga data keterangan.

Selanjutnya, unggah seluruh dokumen persyaratan dan sesuaikan dengan format yang diminta. Jika persyaratan sudah lengkap dan sesuai, klik Submit Formulir.

“Cek kembali kelengkapan persyaratan. Jika sudah benar dan lengkap, pemohon dapat langsung memilih Ajukan Permohonan. Baca dengan seksama seluruh ketentuan yang tertera pada layar. Untuk melanjutkan proses perizinan, klik saya setuju dan buat perizinan” terang Benni.

Kemudian, JakEVO akan segera mengirimkan surat elektronik pernyataan persetujuan Penjamin/ Penanggungjawab ke alamat email Penjamin/ Penanggungjawab. Kemudian Penjamin/ Penanggungjawab diminta untuk membaca dengan seksama seluruh pernyataan Pemohon dan ketentuan yang berlaku sesuai peraturan perundangan.

Selanjutnya klik Setuju/ Bersedia untuk melanjutkan permohonan atau klik Tidak Setuju/ Tidak Bersedia untuk membatalkan permohonan.

“Petugas DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta melakukan penelitian administrasi dan penelitian teknis permohonan Perizinan SIKM,” jelas Benni.

3. Pemohon bisa memantau proses pengajuan izin secara real time. Jika sudah disetujui, pemohon akan mendapat e-mail

Catat! Ini Tata Cara Urus Surat Izin Keluar Masuk Jakarta saat PSBBCara mendapat surat izin keluar masuk (Dok. Humas DPMPTSP DKI Jakarta)

Benni mengatakan, pemohon dapat mengecek secara berkala proses pengajuan izin secara real time dengan melihat pada menu Izin Saya. Di samping itu, pemohon juga dapat melihat timeline pemrosesan pengajuan izin yang dimohonkan secara terbuka dan transparan.

Jika permohonan sudah selesai divalidasi, maka JakEVO akan mengirimkan surat elektronik ke email pemohon sesuai alamat email yang didaftarkan saat mengajukan permohonan, disertai tautan untuk mengunduh SIKM yang telah ditandatangani secara elektronik oleh pejabat yang berwenang.

“Pemohon dapat menyimpan file dokumen Izin yang telah diterbitkan secara elektronik tersebut, maupun mencetak dokumen izin secara mandiri” ujar Benni.

Pemprov DKI Jakarta telah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk melakukan sertifikasi elektronik (Certification Authority) terhadap output izin dan nonizin, guna memastikan pertukaran informasi yang efisien dan aman.

“Otentifikasi perizinan dapat dilakukan oleh Petugas Pengawasan dan Pengendalian dengan menuliskan nomor handphone pemohon pada laman/aplikasi JakEVO, serta otentifikasi juga dapat dilakukan dengan scan QR Code yang tertera pada SIKM,” jelas Benni.

Baca Juga: Mulai 22 Mei, Warga yang Keluar-Masuk Jakarta Wajib Bawa Surat Izin!

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin
  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya